Sabtu, 20 April 2024

Cuaca Buruk Ganggu Jaringan Listrik

Berita Terkait

Atap bangunan di Ranai rusak setelah ditiup angin kencang musim Utara. Dan menggangu listrik PLN beberapa jam, Rabu malam (21/12). F. Aulia Rahman/Batam Pos.

batampos.co.id – Akibat angin kencang yang belakangan sering terjadi di Natuna menyebabkan gangguan pada listrik PLN, Rabu (21/12) malam kemarin. Selain menyebabkan listrik mati total, angin juga merusak atap sejumlah rumah warga di Ranai.

Manajer PLN Ranai Dwi Ristiono membenarkan, pemadaman disebabkan gangguan jaringan dari cuaca angin kuat dengan intensitas tinggi. Menyebabkan jaringan rentan gangguan, karena banyak batang kelapa disekitar jaringan.

“Jaringan listrik di Natuna memang sangat rawan gangguan, banyak batang kelapa di sekitar jaringan. Apalagi angin sangat kencang,” ujar Ristiono, Kamis (21/12).

Perakirawan BMKG Ranai Asrul Saparudin mengatakan, secara umum wilayah Natuna untuk pembentukan awan tebal dan gelap konvektif mulai banyak terjadi pada pagi, siang hingg sore dan malam hari. Sehingga potensi hujan bersifat lokal hingga merata masih akan terjadi di wilayah Natuna.

Kecepatan angin saat ini katanya, cenderung tinggi rata rata 50 kilo meter per jam dan bervariasi. Pagi bertiup dari Barat Daya kerja Timur Laut, siang bertiup dari Utara ke Timur Laut, maka bertiup dari Barat Laut ke Utara dan dini hari bertiup dari Barat Laut ke Utara.

Saat ini sambung Asrul, direkondasikan cuaca buruk. Dihimbau bagi masyarakat terutama nelayan dan kapal pelayaran untuk waspada dan berhati-hati melaut, terutama di perairan laut Natuna secara umum dan laut Natuna bagian Utara karena ketinggian gelombang laut dapat berpotensi 5 meter.

Saat ini gelombang laut di pagi hari mencapai 6 meter. Siang 5 meter, malam 1 meter hingga 4 meter dan dini hari 1 meter sampai meter. Tapi gelombang maksimum dapat terjadi dua kali lipat,” ujar Asrul, Kamis (21/12).(arn)

Update