Sabtu, 20 April 2024

Pemerintah Pantau Bahan Pokok hingga Imlek

Berita Terkait

Aktivitas jual beli di pasar KUD Tanjungpinang, Sabtu (4/2). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengakui jika harga barang selalu naik ketika Provinsi Kepri dilanda masalah cuaca terutama pada saat Provinsi Kepri menghadapi musim angin utara bersamaan dengan curah hujan yang meningkat.

“Kemarin kita sudah minta (Seluruh kepala daerah di Kepri untuk) mengecek ke lapangan, terutama kebutuhan 9 bahan pokok. Dan hasilnya, sejauh ini masih normal. Kemudian yang kedua, pasti Tim Satgas Pangan selalu bergerak,” ujar Nurdin.

Kepada seluruh pengusaha pemasok bahan pokok, Nurdin meminta untuk tidak menaikkan bahan pokok yang masuknya tidak ada kaitannya dengan musim angin utara dan musim hujan. Sehingga, masyarakat Kepri yang melaksanakan perayaan natal dan tahun baru bisa mendapatkan harga yang sepantasnya.

“Pemerintah juga melaksanakan operasi pasar dan memberikan bantuan langsung kepada saudara kita yang bernasib tidak baik dalam segi ekonomi. Kami (Pemprov) dengan kapolda akan sidak di beberapa titik dan dilanjut kepala daerah bersama FKPD. Kami akan periksa terus 9 bahan pokok ini secara berkelanjutan sampai Imlek” tuturnya.

Selain bahan pokok, Nurdin juga meminta kepada pemilik transportasi laut untuk mengutamakan keselamatan penumpang dalam menghadapi musim angin utara ini. Ia menegaskan, pihaknya juga akan melakukan pengawasan terhadap transportasi laut serta menindak tegas pemilik transportasi laut yang mengabaikan keselamatan penumpang.

“Jangan sekali-kali pakai (kapal) yang tidak layak untuk melaut dan over kapasitas penumpang. Tetap utamakan keselamatan dalam berlayar,” tegasnya.

Selain tiu, ia juga meminta kepada masyarakat untuk tidak memaksa masuk ke dalam kapal jika petugas di lapangan menilai kapal itu telah penuh. Ia mengimbau kepada masyarakat yang hendak berangkat ke daerah tujuan untuk lebih bersabar dan menunggu pelayaran berikutnya.

“Kami dari pemerintah juga meminta kepada pemilik kapal untuk menambah volume keberangkatan kapal jika penumpang sudah membeludak jelang natal dan tahun baru ini,” imbuhnya. (cr1)

Update