Jumat, 29 Maret 2024

Stakeholder Berperan Sukseskan Pemilu 2019

Berita Terkait

batampos.co.id – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Karimun, kemarin (22/12) mengelar rapat koordinasi bersama stakeholder se Kabupaten Karimun dalam rangka pelaksanaan Pemilu serentak yaitu DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPD dan Presiden, Wakil Presiden tahun 2019 mendatang.

Ketua Panwaslu Kabupaten Karimun Tiuridah Silitonga mengatakan, tujuan dari rapat ini tidak lain untuk menguatkan fungsi koordinasi dengan stakeholder tentang pemahaman yang sama sesuai dengan aturan Pemilu.

”Nantinya, stakeholder bisa melakukan pengawasan secara terpadu yang melibatkan peranan masyarakat dalam setiap tahapan Pemilu. Terutama dapat memahami tentang masalah penegakan hukum, karena ini sangat penting bagi pengawasan untuk mencegak kerawanan serta dapat mengurai permasahan,” tuturnya.

Lanjutnya, terutama dalam netralitas ASN maupun honorer yang tidak boleh terjun langsung berpolitik untuk mendukung salah satu calon peserta Pemilu. Dimana suksesnya Pemilu serentak ini menjadi tugas bersama seluruh elemen masyarakat, dimana Panwaslu sebagai salah satu penyelenggara Pemilu selain KPU.

”Stakeholder adalah mitra potensial dalam membantu pengawasan Pemilu nanti. Dalam memberikan pemahaman dan pengertian yang baik serta membangun kesadaran masyarakat untuk mengambil peran dalam pengawasan agar tercipta Pemilu yang jujur dan adil,” ujarnya.

Dengan demikian kata Tiur lagi, Pemilu serentak nantinya bisa melahirkan pemimpin yang berkwalitas. Serta, bisa meningkatkan pengertian terhadap masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019 nanti.

” Maklum saja daerah kita, terdiri dari berbagai pulau yang perlu pengawasan secara koperhenship. Paling penting, adalah bagaimana kita semua untuk menjaga kestabilan politik nantinya,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan, anggota Panwaslu Kabupaten Karimun Nurhidayat dan Muhammad Fadli menyampaikan pemaparan materi tentang UU Pemilu yang baru dan dilanjutkan dengan diskusi dengan stakeholder yang hadir.(tri)

Update