ilustrasi

batampos.co.id – Libur panjang……. saatnya bersenang-senang.

Namun, hati-hati, jangan berlebihan. Nanti si lemak bisa menumpuk di perut, lengan, paha, pipi, dan seterusnya. Tubuh pun bisa membengkak.

Karena itu, tubuh harus mempunyai alarm untuk membatasi konsumsi selama libur panjang. Caranya dengan tekad dari diri sendiri. Dan ditambah 15 tips jitu ala Boldsky, Minggu (24/12).

1. Makan Sedikit Sebelum Pesta Tahun Baru

Pesta atau kumpul-kumpul bersama teman di momen Natal dan Tahun Baru tentu bisa membuat tubuh lupa diri mengasup makanan berlebihan. Karena itu sebelum berangkat, sebaiknya isi perut dengan semangkuk oatmeal kecil atau sepotong roti gandum sehingga bisa mengurangi nafsu makan.

2. Jadwalkan Kalori

Atur jadwal makan. Misalnya saat sarapan dan makan malam pilih makanan dengan kalori yang rendah.

3. Jangan Tunda Makan

Jangan lewatkan atau tunda waktu makan. Hal itu membuat metabolism tak teratur. Sebagai gantinya, jika tak sempat makan dan harus makan di momen perayaan, isi perut terlebih dahulu dengan makanan ringan.

4. Aktif

Momen Natal dan Tahun Baru semestinya dilalui dengan suka cita. Dengan aktif bersosialisasi dengan teman-teman, maka bisa menjadi alarm untuk membatasi pola makan. Apalagi jika bersosialisasi dengan teman-teman yang mempunyai visi misi sama yaitu ingin sehat.

5. Batasi Soda

Setiap perayaan biasanya disertaai minuman bersoda atau alcohol. Padahal minuman tersebut mengandung gula yang tinggi. Batasi jumlahnya jika memang terpaksa harus meminumnya untuk menghormati tuan rumah.

6. Minum Segelas Air Sebelum Makan

Dengan minum segelas air akan mengurangi nafsu makan dan mencegah perut dari makan berlebih.

7. Jangan Bawa Banyak Uang

Bukan pelit, tetapi sebaiknya batasi jumlah uang tunai di dalam dompet. Sehingga hal itu bisa menjadi alarm untuk berbelanja banyak membeli makanan di restoran.

8. Konsumsi Banyak Protein, Buah dan Sayuran

Jauhi makanan dengan kalori tinggi. Dan sebagai gantinya, makan lebih banyak pilihan yang lebih sehat, seperti ayam (atau protein lainnya), sayuran, dan salad buah.

9. Makan Porsi yang Lebih Kecil

Memilih porsi kecil bisa mengurangi jumlah lemak yang diasup.

10. Batasi Dessert

Lebih baik mengonsumsi yoghurt dibanding kue atau lemak sebagai makanan penutup.

11. Berhenti Sebelum Kenyang

Tubuh memberi kita tanda-tanda setelag kenyang. Seperti menarik napas dalam-dalam tiba-tiba di tengah makanan, meletakkan sendok ke bawah, bergeser di tempat duduk kita, dan bersantai di sandaran kursi. Kenali isyarat ini.

12. Berjalan Setelah Makan Berat

Sebagian besarorang biasanya mengantuk setelah makan. Sebagai gantinya biasakan tubuh berjalan. Misalnya setelah makan di sebuah restoran di mal, biasakan tubuh berjalan kaki keliling mal untuk membakar kalori.

13. Tidur Cukup

Begadang usai pesta sering dilakukan banyak orang. Namun begadang bisa menimbulkan efek buruk karena mendorong seseorang makan banyak. Maka sebaiknya tidur cukup itu penting.

14. Sarapan Kaya Protein

Bisa sepiring telur orak-arik, daging, dan roti panggang atau salad, merupakan sarapan kaya protein yang bisa mencegah makan berlebihan.

15. Olahraga

Usai pesta bersama teman, sebaiknya ajak mereka menjadwalkan untuk olahraga bersama. Sehingga tubuh sehat bisa menjadi resolusi tahun baru yang mudah dicapai.

(ika/JPC)

Respon Anda?

komentar