Sabtu, 20 April 2024

Dua Hari, 4.284 Orang Menyeberang ke Batam

Berita Terkait

Penumpang yang tiba di pelabuhan ASDP Tanjunguban,
Kecamatan Bintan Utara kabupaten bintan, Senin (25/12) kemarin. F. Slamet/Batam Pos.

batampos.co.id – Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (asdp) Tanjunguban mencatat terjadi peningkatan penumpang maupun kendaraan yang menyeberang ke Batam dari Tanjunguban selama libur natal. Bila dibandingkan tahun lalu, jumlah penumpang dan kendaaan yang menyeberang ke Batam melalui pelabuhan asdp Tanjunguban telah mengalami peningkatan sekitar 5 persen.

“Sabtu kemarin meningkat sektar 5 persen jika dibandingkan tahun lalu. Terus Minggu justru menurun dibandingkan tahun lalu. Sama pagi (senin) ini sepi, peningkatan penumpang dan kendaraan justru terjadi sore hari ini (kemarin). Sudah terlihat banyak yang akan menyeberang ke Batam. Rata-rata wisatawan lokal yang datang untuk menghabiskan liburan di Bintan,” ujar Supervisor ASDP Tanjunguban Asuni kepada Batam Pos Senin (25/12) siang.

Seperti Sabtu (23/12) lalu, tercatat sekitar 2.045 orang menyeberang ke Batam, sedangkan tahun lalu sekitar 970 orang penumpang. Lalu Minggu (24/12) lalu, tercatat 2.239 orang menyeberang ke Batam, sementara pada tahun lalu sekitar 1.931 orang. Sehingga dalam dua hari total penumpang yang menyeberang dari Tanjunguban ke Batam sekitar 4.284 orang.

Sedangkan jumlah sepeda motor yang menyeberang dari Tanjunguban pada hari Sabtu (23/12) mengalami peningkatan dari tahun lalu, yakni 246 sepeda motor menjadi 423 sepeda motor. Minggu (24/12), jumlah sepeda motor justru menurun dari sekitar 415 unit sepeda motor menjadi 350 unit sepeda motor.

Mobil pribadi yang menyebrang dari Tanjunguban ke Batam pada Sabtu (23/12) mengalami peningkatan dari 144 menjadi 275 unit mobil, sedangkan hari Minggu (24/12) mengalami penurunan dari 262 unit menjadi 199 unit mobil pribadi.

“kami hanya mencatat data kendaraan baik sepeda motor dan mobil serta penumpang yang menyeberang ke Batam saja, sedangkan dari Batam ke Tanjunguban, pihak asdp Batam yang mencatat,” terangnya.

Asuni juga mengatakan, jumlah trip juga mengalami peningkatan dari tahun lalu, yang rata-rata 10 trip per hari menjadi 12 hingga 13 trip per hari. Sedangkan armada yang dikerahkan untuk transportasi selama natal dan tahun baru 2018, Asuni mengatakan masih tetap empat kapal roll on roll off (roro).

Selain hal itu, ia memperkirakan, lonjakan kendaraan dan penumpang akan kembali terjadi pada tanggal 1 Januari 2018 karena banyak warga Batam yang telah menyeberang ke Tanjunguban pada tanggal 31 Desember 2017 untuk meghabiskan liburan sekaligus merayakan pergantian tahun di sejumlah objek wisata baik di bintan maupun Tanjungpinang.

“Wisatawan lokal ini diperkirakan akan kembali pada tanggal 1 atau 2 Januari 2018,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Pos Pelayanan ASDP Tanjunguban AKP Paino kepada Batam Pos mengatakan, sejauh ini jumlah penumpang yang datang dan meninggalkan Tanjunguban tidak jauh beda. Ia mencatat, seperti Minggu kemarin sebanyak 1.655 orang datang dari Batam ke Tanjunguban sedangkan penumpang yang kembali ke Batam sekitar 1.480 orang.

“Sebagian kecil menginap, namun kalau dilihat penumpang yang datang bukan pemudik natal melainkan wisatawan lokal yang berlibur ke Bintan, karena sebagian besar pulang pada hari yang sama. untuk hari ini belum ada datanya karena masih didata,” katanya.

Sejauh ini jadwal penyeberangan masih normal, belum ada penambahan sampai malam hari. “Masih sampai jam 6 sore. Mungkin nanti tanggal 31 atau 1 januari bisa jadi membeludak, mungkin ditambah tapi lihat syahbandar juga kalau cuaca buruk bisa jadi tak diizinkan berlayar,” katanya.

Pantauan Batam Pos di lapangan, arus kendaraan dan penumpang yang akan menyeberang ke Batam dari Tanjunguban masih normal, namun sebaliknya jumlah penumpang dan kendaraan yang datang dari Batam ke Tanjunguban mengalami peningkatan meski belum sepadat Hari Raya Idul Fitri. (cr21)

Update