Sebelumnya atas nama pribadi, keluarga, dan manajemen Batam Pos saya ingin mengucapkan selamat merayakan Natal 2017.

Selasa, 19 Desember lalu keluarga besar Batam Pos merayakan Natal di gereja GMIT, Batam Center. Mengambil tema “Tuhan Datang untuk Menyatukan Perbedaan”, perayaannya berlangsung khidmat.

Untuk pertama kalinya saya bertemu dengan keluarga karyawan/ti perusahaan media yang saya pimpin. Saya bersama Direktur Utama Batam Pos Marganas Nainggolan, salah satu pendiri Batam Pos yang hebat. Saya juga bertatap muka dengan pendeta Dr Sakphin Phorus yang luar biasa. Super sekali.

Dalam ceramahnya, Dr Sakphin menekankan bagaimana sebuah perusahaan akan besar jika orang-orang di dalamnya lebih mengedepankan semangat superteam. Teamwork sebagai pondasi utama untuk membentuk tim yang tangguh.

Beliau juga mendorong agar kita semua segera meninggalkan superman. Tidak boleh lagi ada ego di dalam perusahaan. Karena akan membahayakan perusahaan itu sendiri.

Banyak sekali pelajaran bisa dipetik. Tapi, yang patut digarisbawahi adalah bagaimana sebuah perusahaan dapat berdiri tegak, mencapai target, dan semakin besar berkat superteam.

Bagi saya, superteam adalah segala-galanya. Sehebat apapun karyawan kita, sebanyak apapun pengalamannya, jika tidak bisa bekerja sama, justru merusak perusahaan. Malah mengganggu.

Di era sekarang alias zaman now, kita tidak butuh superman. Mereka tidak bisa diajak bekerja sama. Tidak pula bermanfaat. Karena bagi saya, mereka lebih mementingkan ego. Istilahnya single player.

Menjadikan perusahaan kita besar memang tidak mudah. Butuh perjuangan, kerja keras, tantangan, dan air mata. Bukan simsalabim. Semuanya harus dilakukan secara bersama-sama.

Untuk itulah, dibutuhkan superteam. Dengan menjunjung tinggi semangat teamwork, maka target, impian, dan cita-cita bisa dicapai. Semua tidak bisa dilakukan dengan hanya mengandalkan satu orang hebat saja.

Sehingga, kalaupun ada problem dan adangan di depan, bisa dilalui bersama. Bisa merumuskan solusinya bareng-bareng. Sehingga, hasil yang didapat lebih baik. Semua dengan mudah dijalankan. Superteam kuat, teamwork berjalan, perusahaan menjadi besar.

Bandingkan jika kita mengerjakan seorang diri. Segala kesulitan harus dipikirkan seorang diri. Tenaga dan pikiran pun terkuras. Dengan demikian, apa yang kita targetkan sulit tercapai. Rencana ke depan kita jadi berantakan.

Memang, menyatukan visi-misi orang banyak tidak mudah. Sangat sulit. Karena mereka harus mengesampingkan ego masing-masing. Bukan berarti kemampuan dan kualitasnya harus sama.

Setiap orang dibekali bakat dan kelebihan masing-masing. Tapi jika sudah satu tujuan, dan mampu bekerja sama, kita akan melahirkan tim yang hebat. Superteam yang dahsyat.

Superteam tidak hanya terdiri dari departement head saja. Staf hingga cleaning service juga bagian dari tim itu. Sehingga, sinergi antara semua unit harus berjalan seirama.

Kalau salah satu bekerja, yang lain juga harus ikut-ikutan kerja. Tidak boleh ada yang kerja, tapi satunya cuma menonton.

Dalam setiap pengambilan keputusan pun semua pendapat harus didengar. Karena melibatkan banyak kepala. Beragam pikiran dan pendapat.

Kalau sudah begitu, ego harus ditanggalkan. Ketika sudah menjadi keputusan, semua harus menjalankan. Melaksanakan dengan penuh dedikasi dan loyalitas. Karena keputusan tim adalah yang terbaik.

Itulah mengapa, bagi saya superteam adalah segalanya. Semua harus sama-sama bekerja. Hindari hal-hal yang mengganggu kerja tim kita. Terutama menggosip. Karena kalau kerjanya hanya menggosip, sudah pasti tidak produktif. Sudah pasti mengganggu kerja-kerja kita.

Semoga Natal tahun memberi semangat bagi kita untuk terus bersatu. Memberikan semangat baru untuk memperkuat superteam di perusahaan kita. Sehingga, apa yang kita inginkan ke depan bisa tercapai.

Mulai saat ini, kita lupakan dulu superman. Kita tanggalkan dulu ego masing-masing. Bersatulah! Karena dengan bersatu, kita dapat berdiri tegak untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. ***

 

Guntur Marchista Sunan
General Manager Batam Pos

Respon Anda?

komentar