Sabtu, 20 April 2024

PLN Bangun PLTMG 20 Mega Watt

Berita Terkait

batampos.co.id – Manajer PLN Rayon Natuna Dwi Ristiono mengatakan, PLN akan bangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Natuna, targetnya tahun 2019. Rencana pembangunan PLTMG ini kata Ristiono, menyesuaikan master plan yang sudah diselesaikan PLN tahun lalu. Lokasinya tetap di kawasan Penarik.

“PLTMG yang direncanakan ini kapasitasnya 20 Mega Watt. Dalam waktu dekat ini saya akan berkoordinasi lanjutan bersama Pemerintah Daerah,” kata Risdianto baru-baru ini.

Rencana pembangunan PLTMG ini kata Risdianto, akan menjadi titik beban akan tumbuh dan akan menyerap sumber daya listrik, berdasarkan analisanya. Namun PLN akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait tata ruang wilayah wilayah. Karena dalam pembangunan PLTMG 20 Mega Watt dibutuhkan lahan seluas lima hektare.

Untuk status lahan, PLN juga akan berkoordinasi bersama pemerintah daerah. Karena dalam aturannya dalam mendukung percepatan pembangunan daerah, pemerintah daerah memiliki kewenangan membebaskan lahan untuk PLN sebagai investasi.

“PLTMG ini ditargetkan tahun 2019. Jika sudah beroperasi, tentu kemampuan daya melebihi. Kebutuhan listrik untuk investasi swasta di daerah sudah tidak ada masalah,” jelas Risdianto.

Risdianto menyatakan optimis dalam rencana pemerintah bangun PLTMG di Natuna. Hal ini untuk menjawab program pemerintah percepatan pembangunan di perbatasan ini.
Bahkan tahun 2017 ini sambung Risdianto, beberapa pulau di Natuna sudah mendapat penambahan mesin pembangkit dalam program 35 ribu Mega Watt. Di antaranya ditempatkan di pembangkit Pulau Tiga, Pulau Tiga Barat, Pian Tengah, Pulau Midai, Sedanau dan Pulau Laut.

Pulau-pulau yang mendapat tambahan mesin pembangkit ini akan menyala 24 jam. Sekarang masih 14 jam. Karena akan dievaluasi surplus pemakaian daya. Tahun 2018, PLN akan meningkatkan pola operasi. (arn)

Update