Kamis, 18 April 2024

Curi Kartu ATM, Beli Tiga Unit Ponsel

Berita Terkait

batampos.co.id – Unit Reskrim Polsek Meral Senin (25/12) malam pukul 23.45 WIB menangkap Ibend Chandra, pemuda warga Kelurahan Teluk Air, Kecamatan Karimun, setelah melakukan pencurian kartu ATM dan sebuah cincin emas milik Yanti, warga Baran, Kecamatan Meral.

“Sebelumnya korban tidak sadar telah kehilangan kartu ATM dan cincin yang ada di dompetnya. Tetapi Minggu (24/12) malam mendapatkan SMS dari salah satu bank yang isinya menyatakan telah dilakukan transaksi sebesar Rp 5,2 juta. Korban yang merasa tidak melakukan transaksi merasa curiga. Dan baru menyadari bahwa kartu ATM dan cincin yang ada di dompetnya telah hilang,” ujar Kapolsek Meral, AKP Syaiful Badawi, Selasa (26/12).

Kemudian, kata Syaiful, korban mengecek saldo rekeningnya dan mendapati telah berkurang Rp 20,5 juta. Ditambah dengan cincin emas yang hilang, korban menderita kerugian sebanyak Rp 22,6 juta. Berdasarkan laporan tersebut, polisi melakukan penyelidikan dan mendapati ada transaksi di salah satu toko penjualan ponsel yang pembayarannya menggunakan kartu ATM milik Yanti oleh Ibend Chandra.

Tersangka melakukan transaksi pembelian ponsel sebanyak tiga unit dengan jumlah pembayaran lebih dari Rp 10 juta. “Berdasarkan keterangan yang kami dapat di toko penjualan ponsel, maka Senin malam dilakukan penangkapan di tempat tinggal tersangka. Dari tangan tersangka ditemukan tiga unit ponsel yang baru dibelinya,” paparnya.

Kartu ATM yang dicuri, menurut pengakuan tersangka telah dibuang disemak-semak. Sementara sisa uang yang berhasil ditarik dari ATM sudah dihabiskan tersangka.
Meski demikian, lanjut Kapolsek, pihaknya tidak begitu saja percaya keterangan tersangka, sebab keterangannya masih berbelit-belit.

Tersangka mencuri kartu ATM milik korban Yanti setelah melihat jendela kamar korban terbuka. Pelaku juga tidak mengaku telah mengambil cincin di dompet yang sama. Oleh sebab itu, polisi akan melakukan penggeledahan di rumah tersangka untuk mencari barang bukti lainnya. (san)

Update