Kamis, 25 April 2024

Realisasi Program BSPS Sudah 100 Persen

Berita Terkait

batampos.co.id – Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun Anggaran 2017 untuk Kabupaten Karimun mendapatkan 611 unit rumah, di bawah pengawasan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Kebersihan (DPKPK) Karimun. Hingga saat ini sudah selesai pengerjaannya secara swadaya dengan tiga kategori yaitu rehab berat sebesar Rp 15 juta, sedang Rp 10 juta dan ringan Rp 7,5 juta, dalam bentuk material bangunan yang diberikan kepada penerima BSPS.

Alhamdulillah, secara umum sudah selesai 100 persen. Artinya, pemanfaatan program BSPS yang rata-rata berada di pulau sangat dirasakan oleh oleh masyarakat dengan serius membangun rumahnya,” jelas Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Kebersihan Karimun Rosmawati, kemarin (25/12).

Sebanyak 611 unit rumah yang mendapatkan program BSPS pada tahun ini, tersebar di empat kecamatan 11 desa/kelurahan yaitu Kecamatan Belat, Buru, Kundur dan Kundur Barat. Sementara hingga saat ini rehab rumah sudah ada yang selesai 100 persen dan ada juga yang sedang dalam tahap perbaikan.

“Untuk tahun 2018 nanti kami sudah mengusulkan 1.075 unit rumah untuk 8 kecamatan di luar Pulau Karimun. Mudah-mudahan dapat terealisasi, supaya bisa masyarakat menikmati rumah layak huni,” harapnya.

Program BSPS dari Pemerintah Pusat, kata Rosmawati lagi, sangat dirasakan oleh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), untuk meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan atau peningkatan kualitas rumah beserta prasarana, sarana dan utilitas umum (PSU).

“Tinggal melengkapi persyaratan yang diminta oleh Pemerintah Pusat agar bisa mendapatkan program tersebut untuk warga yang ada di hinterland,” katanya.

Sementara itu salah satu penerima bantuan BSPS, Jelani, warga Lubuk Puding, Kecamatan Buru merasakan manfaat program BSPS dari Pemerintah Pusat. Rumahnya yang dulu beratapkan daun rumbia dan dinding papan yang sudah rapuh, sekarang sudah permanen dengan memaksimalkan bantuan sebesar Rp 15 juta.

“Saya sangat bersyukur sekali mendapatkan bantuan ini, sekarang sudah lebih nyaman tinggal di rumah bersama istri dan anak,” katanya. (tri)

Update