Kamis, 18 April 2024

Warga Mulai Keluhkan Ikan Laut Langka

Berita Terkait

foto: hasbi / batampos

batampos.co.id – Sejumlah masyarakat mengeluhkan kelangkaan ikan di pasar tradisional Batam. Meski banyak yang menjual, harga ikan cukup tinggi dan banyak yang tidak segar.

Seperti yang terlihat di pasar pagi Tos 3000 Jodoh, Batuampar, Selasa (26/12), puluhan pedagang masih menjajakan beberapa jenis hasil laut. Namun jenis yang dijual tidaklah begitu beragam dan tidak segar.

“Biasanya banyak ikan kecil-kecil, sekarang susah banget nyarinya. Ada pun matanya sudah merah dan dagingnya sudah lunak,” imbuh Novi warga Bengkong yang tengah berbelanja di pasar tersebut.

Menurut dia, selain tidak segar, harga ikan cukup mahal dibanding biasanya. Seperti untuk ikan tongkol putih dari Rp 28 ribu perkilo naik Rp 35 ribu perkilonya, ikan benggol Rp 25 ribu perkilo naik menjadi Rp 40 ribu dan beberapa jenis ikan lainnya.

“Harganya pada naik semua, bingung mau beli. Udah tak segar, harganya pada mahal,” ujar wanita berusia 28 tahun ini.

Ujang pedagang ikan di pasar Tos 3000 tak membantah adanya kelangkaan ikan. Menurutnya, para nelayan kesulitan mendapatkan ikan karena cuaca dilaut kurang bagus. Apalagi gelombang laut kerap tinggi, sehingga nelayan susah mendapatkan ikan.

“Memang sulit dek ikan, ini aja udah untung ada yang jual,” imbuh pria berusia sekitar 35 tahunan ini.

Dikatakannya, nelayan mulai kesulitan mendapat ikan sejak awal Desember hingga sekarang. Padahal, nelayan banyak mengharapkan ikan disekitar perairan Natuna, Lingga hingga Anambas.

‘Sekarang gelombang tinggi, hampir satu bulan juga nih. Ada juga yang dapat, namun tak banyak,” jelasnya.

Harga daging ayam potong di pasar berkisar Rp 32-33 ribu perkilonya. Harga tersebut turun Rp 2 ribu dibanding harga biasanya. Karena harga turun, permintaan ayam di pasar lumayan meningkat.

“Harga ayam udah turun, turun 2 ribu dari harga biasa, lumayan yang beli dari biasanya,” ujar Erik pedagang ayam.

Sementara untuk harga cabai merah kriting berkisar Rp 40 ribu perkilonya. Harga masih tetap sama dengan seminggu lalu. Sedangkan harga cabai hijau Rp 30 ribu dan cabai rawit Rp 36 ribu perkilonya.

“Harga cabai tak naik, sama seperti biasa,” ujar Murni pedagang sayur. (she)

Update