Jumat, 29 Maret 2024

Dumai dan Batam Jet Tambah Armada

Berita Terkait

Manfaatkan liburan, warga yang berangkat ke Batam pulang hari memarkirkan kendaraan roda dua di parkiran pelabuhan Tanjungbalai Karimun. F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Memasuki libur panjang akhir tahun, pemilik kapal penumpang melakukan penambahan armada untuk penumpang dari pelabuhan domestik Tanjungbalai Karimun tujuan Provinsi Riau seperti Selatpanjang, Bengkalis dan Dumai. Alasannya, agar pemudik Natal dan Tahun Baru terangkut, dan tidak berdesakan untuk menaiki kapal.

“Seperti biasa, kalau hari libur besar kita selalu menambah armada. Hingga, tahun baru nanti kita melayani para penumpang dan puncaknya besok,” kata Jhon pengurus KM Batam Jet perwakilan Tanjungbalai Karimun, Rabu (27/12) kemarin.

Dengan demikian, masyarakat yang ingin berangkat ke Riau Daratan bisa terangkut oleh kapal reguler dengan kapasitas tidak melebihi kuota. Sehingga, mudik Natal dan Tahun Baru tidak ada yang tidak terangkut calon penumpang. Sedangkan, tujuan kota Batam tetap ramai dalam empat hari lalu dan diprediksi besok juga sama.

“Kalau tujuan Batam ramai jugalah. Biasanya mereka liburan sehari, besoknya pulang ke Karimun,” singkatnya.

Sementara Kasigamat KSOP Kelas II Tanjungbalai Karimun Syahrinaldi mengatakan, walaupun terjadi peningkatan arus mudik Natal dan Tahun Baru beberapa waktu lalu. Para penumpang tetap tertib saat menaiki kapal, dikarenakan kapasitas tempat duduk yang disediakan oleh pemilik armada sudah ada dan masih tersisa.

“Kita tetap melakukan pemantauan dan memberikan informasi kepada kep kapal tentang kondisi cuaca di laut. Maklum saja, saat ini cuaca cukup kencang angin dan terus melakukan komunikasi,” jelasnya.

Pantauan di lapangan, para penumpang rata-rata membawa barang cukup banyak bersama keluarga untuk menikmati liburan panjang yang kedua dipenghujung tahun 2017 ini. Dengan budaya antre dan para petugas memberikan arahan, supaya para penumpang tidak berdiri di tepi jalan.

“Liburan sama keluarga di Tanjungpinang. Kalau pulang kampung tiket mahal,” kata Ernis salah satu penumpang yang berangkat ke Tanjungpinang. (tri)

Update