Jumat, 19 April 2024

Gaji Guru Honorer hanya ….

Berita Terkait

Ratusan Tewas akibat Banjir Afghanistan-Pakistan

Warga Antre Beli Gas Melon

Penerimaan Pajak April Lebihi Target

Ilustrasi guru honorer. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Nasib guru honorer di kota Batam hingga saat ini masih memprihatinkan. Mereka telah bekerja sejak bertahun-tahun, namun gaji yang diberikan masih di bawah Upah Minimum Kota (UMK). Bahkan, dibanding gaji honor lain di lingkungan pemko Batam, gaji mereka paling rendah.

Gaji honorer Pemko Rp 2,9 juta per bulan sedangkan gaji guru honorer sekira Rp 2,7 juta per bulan.

Padahal bila melihat jenjang pendidikan mereka sama-sama mengenyam sarjana (S1). Persoalan ini sudah terjadi sejak lama, namun hingga kini belum juga diselesaikan.

Anggota Komisi IV DPRD kota Batam, Aman, mengaku prihatin dengan nasib para guru honorer ini. Menurutnya, usulan menaikan gaji guru honor sama dengan honor lain sudah disampaikan pada saat pembahasan APBD 2018 lalu. Namun karena alasan kemampuan APBD, usulan tersebut belum diakomodir.

“Alasannya kemampuan APBD, makanya belum bisa disamakan dengan honor lain di tahun ini,” kata Aman, Rabu (27/12).

Namun begitu ia mengakui tidak menutup kemungkinan gaji guru honor ini akan naik mengingat asumsinya pertumbuhan ekonomi. Ketika penerimaan daerah melebihi estimasi pemko yakni sebesar Rp 2,6 triliun, gaji guru honorer bisa diusulkan untuk naik pada saat pembahasan APBD Perubahan.

“Bisa kami usulkan lagi di APBD perubahan. Sehingga guru honor benar-benar diperhatikan pemko,” tegas dia.

Penyesuaian gaji guru honor ini diakui dia menjadi keinginan DPRD, mengingat sampai saat ini guru honor masih jauh dari kata sejahtera.

“Dari sisi gaji saja masih di bawah honor lain. Padahal, jam kerja dan status pendidikan mereka tidak juga beda dengan honor lain,” kata Aman.

Untuk saat ini saja, lanjutnya, ada sekitar 2.075 guru honor yang tersebar di 12 kecamatan di kota Batam.

Sekretaris Komisi IV DPRD Batam, Udin P. Sihaloho membenarkan jika usulan komisi IV untuk menaikan gaji guru honor tidak diakomodir tahun ini.

“Kita kecewa, karena sejak awal pembahasan kami meminta dinaikan. Minimal sama dengan gaji honor lain,” kata Udin. (rng)

Update