Kamis, 28 Maret 2024

Pembangunan Gerbang Kantor Bupati Terancam Molor

Berita Terkait

Pembangunan gerbang masuk di kompleks Bandar Seri Bentan kantor Bupati Bintan di Bintan Buyu, digesa, Rabu (27/12). F. Slamet Nofasusanto/Batam Pos

batampos.co.id – Pembangunan gerbang komplek perkantoran Bupati Bintan terancam molor. Empat hari menjelang penutupan tahun 2017, proyek tersebut belum juga rampung. “Batas akhir pekerjaan pembangunan sampai 31 Desember, kita masih menunggu karena beberapa proyek memang sedang tahap finishing,” kata Sekdakab Bintan Adi Prihantara, Rabu (27/12).

Terkait persoalan itu, ia meminta handphone Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan harus tetap standby. ” Sehingga memudahkan koordinasi antar instansi menjelang akhir tahun,” ungkapnya

Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam langsung menggelar rapat evaluasi pembangunan fisik tahun anggaran 2017 di Kantor Bupati Bintan, Rabu (27/12).

Dalmasri meminta realisasi pembangunn fisik dimotori dengan koordinasi yang baik antar semua lini. Pencapaian yang baik akan terjadi jika monitoring dan evaluasi dilakukan secara berkesinambungan.

“Ke depannya setiap pembangunan yang sedang berlangsung harus dipantau terus, jangan sampai kita melewati setiap proses pembangunannya. Kita yang memegang kendali, kita yang mengarahkan pembangunan itu,” tegasnya.

Kepala BPPPD Bintan Wan Rudy memaparkan realisasi pembangunan fisik yang masuk dalam APBD murni telah mencapai progres 90 persen lebih. Sedangkan untuk pembangunan fisik yang berasal dari APBD-P masih dalam progres penyelesaian. Namun demikian, dirinya optimis beberapa pencapaian yang masih kurang akan rampung sesuai target yang dintentukan.

“Untuk capaian fisik hampir 90 persen lebih, seluruh OPD telah berada pada capaian tinggi. Sedangkan untuk capaian keuangan, ada beberapa yang masih rendah termasuk BPPPD sendiri,” terangnya.

Beberapa realisasi fisik seperti batu miring dan gerbang perkantoran di simpang Bandar Seri Bentan telah berada pada tahap akhir penyelesaian. “Koordinasi antar satker menjadi semakin urgen, mengingat di akhir triwulan IV ini dibutuhkan kedisiplinan laporan yang tepat waktu,” tegasnya.

Terpisah kontraktor pembangunan gerbang masuk Kantor Bupati Bintan, Jhon memastikan pembangunan rampung  sebelum akhir tahun. “Tinggal finishing saja, ngecat. Yang lain seperti pemasangan keramik dan konstruksi sudah selesai,” katanya.

Soal kendala di lapangan dalam pembangunan gerbang masuk itu, ia
menyalahkan cuaca. “Cuaca saja kemarin,” jawabnya. (cr21)

Update