Kamis, 25 April 2024

Pintar saat Kuliah, Peluang Jadi Pegawai Negeri

Berita Terkait

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemko Batam meninggalkan Dataran Engku Putri Batam Center. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Kamu yang berminat dan berniat jadi ASN harus membaca artikel ini. Sebuah artikel yang bersumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tentang rekrutmen.

“Dulu ada PNS yang diterima tanpa tes. Untuk itu saya ingin menyampaikan dalam kesempatan ini, bahwa sistem rekrutmen harus kita perbaiki dan ini sudah kita mulai dari 2017 kemarin,” ujar Menteri PAN-RB Asman Abnur di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (27/12).

Selain itu, sistem yang baru juga diterapkan berdasarkan prestasi di perguruan tinggi. KemenPAN-RB mengharuskan calon PNS mendapat predikat cumlaude pada masa kuliah.

“Saya syaratkan adalah anak-anak yang berasal dari lulusan cumlaude. Ini sistem rekrutmen yang kami lakukan sekarang,” tandasnya.

Asman mengatakan, di 2017, pihaknya membuka formasi sebanyak 37.000 untuk 60 lebih kementerian dan lembaga.

“Kami memilih 37.000 orang dari 2,6 juta (pendaftar). Saya yakin kami akan dapat pegawai-pegawai pilihan,” katanya.

Selain sistem rekrutmen, KemenPAN-RB juga memperbaiki manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi berbasis kinerja. Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus melakukan perjanjian kinerja kepada gubernur dan wakil gubernur.

“Jadi saya ingin mengingatkan kepada seluruh OPD jangan sekarang terlena dengan tunjangan kinerja yang ada sekarang. Tolong dipertahankan karena ini akan dievaluasi setiap tahun,” terang Asman.

Tak kalah penting, pelayanan publik juga menjadi sasaran perbaikan. KemenPAN-RB mendorong agar setiap provinsi membuat minimum satu mal pelayanan publik.

“Kalau warga datang ke gedung itu semua perizinan ada di situ. Perizinan tingkat provinsi ada, perizinan pemerintah pusat ada. Ada kantor pajak di dalam nya, ada imigrasi di dalamnya, ada pengurusan SIM di dalamnya, ada pengurusan tanah atau BPN di dalamnya,” tegas Asman. (yes/JPC)

Update