batampos.co.id – Harga beras premium dan gula di pasaran naik, Pemerintah gelar operasi pasar di 15 Kecamatan.

Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Pemkab Natuna Hikmatul Arif mengatakan, operasi pasar hingga akhir tahun ini. Pemerintah bersama Bulog menjual beras dan gula dengan harga murah dibawah harga pedagang.

“Operasi pasar ini, Bulog menyediakan 100 ton lebih gula dan 100 ton beras. Operasi pasar merata di 15 Kecamatan, sekarang sudah dimulai,” kata Hikmatul, Kamis (28/12).

Dalam operasi pasar, harga beras per kilonya Rp 8,100 ribu, sementara di pasaran sekitar Rp 13 sampai Rp 15 ribu, sebelumnya masih Rp 10 ribu per kilo. Sementara harga gula dalam operasi pasar Rp 11,500 ribu per kilo, sementara di pasaran Rp 14 hingga Rp 15 ribu per kilo.

“Operasi pasar untuk menekan gejolak harga kebutuhan pokok di pasaran,” ujar Hikmatul.

Ditambah saat sambubgnya, daya beli masyarakat menurun disebabkan musim Cuaca ekstrim. Nelayan tidak bisa melaut dan ekonomi masyarakat menurun.

Selain itu, dampak pergantian tahun dan perayaan keagamaan menyebabkan harga kebutuhan pokok melonjak. Ditambah Bulog memiliki stok beras dan gula.

“Khusus gula ini, masyarakat juga bisa beli langsung di gudang Bulog. Pembelian akan dilayani, selain dilokasi operasi pasar. Sekarang operasi pasar di Kecamatan Bunguran Barat, dan akan terus bergulir di Kecamatan lain,” ujar Hikmatul.(arn)


loading...