Bupati Karimun Aunur Rafiq foto bersama Baznas Karimun. F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun, tahun 2017 ini telah menghimpun dana umat dan menyalurkan dana zakat lebih Rp 2,3 miliar. Pada pendistribusian Zakat periode ke-4 atau terakhir tahun ini, sebesar Rp 550 juta.

Pendistribusian terakhir ini di Pulau Karimun untuk 4 kecamatan. Terbagi untuk fakir miskin di Kecamatan Karimun sebanyak 280 orang, Kecamatan Tebing 257 orang, Kecamatan Meral 182 orang dan Kecamatan Meral Barat 156 orang. Kemudian fisabilillah ada 158 orang, pendidikan 371 orang. Selain itu untuk bantuan kebakaran 31 orang dan bantuan pembangunan rumah tidak layak huni ada 2 orang serta bantuan biaya pengobatan.

Sebelumnya, dana didistribusikan kepada kaum duafa dan fakir miskin di Pulau Moro 134 orang dan fisabilillah 3 orang. Kemudian, di Pulau Parit, Selat Mendaun dan Tulang 120 orang untuk fakir miskin, serta 12 orang fisabilillah.

Alhamdulillah, setiap tahun zakat dari masyarakat melalui Baznas Kabupaten Karimun terus meningkat. Ini artinya, masyarakat yang menyisihkan penghasilannya untuk berzakat terus bertambah,” jelas Ketua Baznas kabupaten Karimun H Atan AS, di Masjid Agung Karimun, kemarin (28/12).

Masih kata Atan lagi, sebelumnya Baznas sudah mengukuhkan pengurus Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di Pulau Kundur untuk 5 Kecamatan dan UPZ di Pulau Moro untuk 3 kecamatan. Diharapkan pada tahun 2018 mendatang, masyarakat yang belum melaksanakan zakat diharapkan untuk berzakat di Baznas Karimun, agar bisa membantu masyarakat yang kurang mampu nantinya, serta memberikan bantuan usaha dan sebagainya.

“Ayo silakan berzakat. Dengan berzakat kita sejahterakan umat muslim,” pesannya,
Sementara Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengucapkan terima kasih atas penyaluran dana umat kepada orang yang kurang mampu. Sehingga bisa membantu pengentasan kemiskinan di Kabupaten Karimun. Terutama bantuan dunia pendidikan dan wirausaha, yang terus bertambah bantuannya, sebagai bentuk kepedulian sesama umat muslim melalui Baznas Kabupaten Karimun.

“Program ini sangat membantu Pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan, yang menjadi program secara nasional termasuk di Kabupaten Karimun,” tuturnya. (tri)

Advertisement
loading...