Masriana Fatimah

batampos.co.id – Perempuan hobi masak, sangat banyak. Tapi menjadi hobi itu mendatangkan pendapatan bagi mereka, hanya sebagian kecil saja. Salah satunya Masriana Fatimah. Walau sudah memiliki pekerjaan di Dinas Perhubungan Kota Batam. Gadis berusia 24 tahun ini, masih tetap mencari penghasilan tambahan dari hobinya.

“Pagi kerja berdinas, malamnya berdagang,” katanya pada Batam Pos, Jumat (29/12).

Ia mengatakan hobi masak dan berdagang ini tidak datang dengan sendirinya. Sudah dimulainya sejak SMK. Berawal dari bikin kue, lalu dijual dikantin sekolah sudah dilakoninya. Jualan kue ini tidak membuat dirinya rendah diri, ia tetap menjalani kehidupan remajanya dengan layaknya gadis-gadis lainnya.

“Saya buat kue, kadang dibantuin mama juga,” tuturnya.

Untuk merintis usaha, kata gadis yang akrab dipanggil Riana berkali-kali terpuruk dan gagal. Namun tidak membuatnya menyerah. “Kadang mencapai sukses itu kita harus jatuh berkali-kali. Tidak semua orang merintis usaha dengan gampangnya. Kesuksesan itu didapat dengan belajar dari kegagalan serta pantang menyerah,” ujarnya.

Jualan kue, makanan, butik, tas sudah dijalaninya. Semua usaha ini mengalami kegagalan. Dan sekarang, Riana sedang merintis usaha sesuai dengan hobinya.

“Saya punya Cafe namanya Stop Line yang berada di daerah Sei Panas,” tuturnya.

Cafe ini memiliki satu masakan andalan, yang merupakan hasil dari kreativitasnya yakni Ayam Kelindes. Menu ini disajikan dengan level kepedasan yang bisa dipilih oleh para pengunjung.

“Dari 1 sampai 20,” ujarnya.

Kesuksesanya membuka usaha makanan ini, tidak terlepas dari peranan orangtuanya.

“Setiap ada masakan baru, saya coba ke mama. Mama itu orang pertama yang kritik masakan saya, kurang asin, gurih atau apa,” ungkapnya.

Gadis manis berkerudung ini, menuturkan akan terus mengembangkan usahanya.

“Saya tidak akan merasa puas dengan ini saja, terus dan terus maju,” ujarnya.

Bagi pemula dalam memasak, ia memiliki tips dalam menggoreng bawang. “Bawang goreng yang baik itu warnanya keemasan, dan diangkat saat baunya suah hilang. Ingat jangan sampai gosong,” tuturnya. (ska)

Respon Anda?

komentar