Jumat, 29 Maret 2024

Selama 2017, Pencari Kerja Capai 25 Ribu

Berita Terkait

Pencari kerja mengantri saat melamar. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Sepanjang tahun 2017 ini, sedikitnya 25 ribu lebih pencari kerja yang bersaing untuk mendapatkan pekerjaan di Batam. Jumlah ini lebih tinggi bila dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya 24 ribu pencaker.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan tahun ini perekrutan cukup banyak dibuka perusahaan manufakturing yang ada di Batam.

“Yang lesu itu kan perkapalan, sedangkan untuk elektronik masih cukup baik kondisinya,” kata dia, Jumat (29/12).

Jika melihat perekrutan karyawan yang dilakukan dipertengahan tahun 2017 ini, bearti perusahaan sudah menghitung pekerjaan yang akan dilakukan tahun depan.

“Tentu yang direkrut berdasarkan kebutuhan, dan sepertinya mereka mendapatkan job yang cukup banyak untuk tahun depan,” terangnya.

Jika melihat grafik pencari kerja tahun ini, hampir 17 ribu berasal dari luar pulau Batam, sedangkan sisanya lokal. Ini membuktikan industri di Batam masih diminati, walaupun lowongan kerja tak sebanyak beberapa tahun lalu.

Dia menyebutkan untuk tahun lalu jumlah pencari kerja yang tercatat di Batam mencapai 24 ribu orang.

“Tidak jauh beda dari tahun lalu. Apalagi tahun depan, saya kira serbuan masih tetap sama bahkan bisa saja lebih,” ungkap mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam ini.

Hal tersebut disebabkan karena Upah Minimum Kota (UMK) Batam yang cukup tinggi yakni menyentuh angka Rp 3.5 juta perbulannya.

“Ini akan jadi faktor pencaker banjir ke Batam,” sebutnya.

Disinggung mengenai jumlah perusahaan yang ada saat ini, Rudi menyebutkan masih ada sekitar enam ribuan yang aktif beroperasi.

“Yang tutup itu kan kebanyakan perusahaan middle ke bawah saja, sedangkan yang besar tak banyak,” ungkapnya.

Dia berharap, ke depan perkembangan perusahaan yang ada di Batam terutama offshore bisa menjadi lebih baik, dan bisa menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit. “Mudaha-mudahan di tahun depan semakin baik,” tutupnya. (cr17)

Update