Kamis, 28 Maret 2024

Dishub Pemko Batam Operasikan Pelra Sekupang

Berita Terkait

Penumpang boat pancung. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Setelah pengerjaan yang cukup panjang, akhirnya awal tahun nanti Pelabuhan Rakyat yang berada di samping Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) dioperasikan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam.

“Desember ini pengerjaan rampung, jadi awal tahun sudah bisa ditempati,” kata Kepala Dishub Batam, Yusfa Hendri, Sabtu (30/12).

Ia mengungkapkan tahun ini pihaknya menggelontorkan dana sebesar Rp 3 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) 2017 untuk penyelesaian gedung bertingkat tersebut. Saat ini tinggal finalisasi penataan seperti kios yang berada di lantai dasar, hingga lantai satu sebagai kantor atau ruang rapat, dan ruang VIP untuk tamu.

Dia menambahkan ke depan, pihaknya juga akan memperbaiki dermaga pelabuhan yang dilalui penumpang tujuan Belakangpadang ini, agar memungkinkan disandari kapal milik Pemko Batam.

“Biasanya kan ada kunjungan pimpinan, jadi mereka bisa lewat pelra ini saja, sebut Yusfa.

Awal tahun nanti, beberapa personil dari Dishub Batam juga sudah mulai ditempatkan di pelra tersebut. Yusfa menambahkan dengan adanya personil ini, pengamanan dan pengawasan di pelra bisa lebih ditingkatkan. “Khususnya saat angin utara, kan banyak pengemudi yang tidak melengkapi dan menggunakan alat keselamatan.

Ini tentu akan menjadi salah satu fokus kami agar bisa dibenahi. Jangan ada lagi karena sudah biasa atau alasan lainnya,” papar mantan Kepala Dinas Pariwisata ini.

Ia menngungkapkan, pelra Sekupang merupakan salah satu pelabuhan yang sering dilewati wisatawan baik lokal maupun luar. Dia berharap keberadaan pelra ini bisa menunjang faslitas pelra dan memberi wajah baru bagi wisatawan. “Fasilitas seperti toilet juga sudah dibenahi,” tutupnya.(cr17)

Update