batampos.co.id – Kompetisi sepakbola antar perusahaan yang dulu dikenal dengan nama Galakarya atau Liga Karyawan akan hadir kembali dengan nama baru ‘Lipesia’ yang merupakan singkatan dari Liga Pekerja Indonesia.

Lipesia merupakan gawean bareng antara Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)serta berkoordinasi dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan digelar di 34 provinsi di Indonesia.

Melibatkan 544 perusahaan swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Tentunya, Kepri termasuk salah satu provinsi yang bakal menghelat Lipesia 2018 ini. Lipesia Zona Kepri 2018 akan dilangsungkan mulai 20 Januari hingga 16 Februari 2018 di Stadion Temenggung Abdul Jamal Batam.

“Mainnya Sabtu dan Minggu, sehingga tidak mengganggu jadwal kerja para karyawan,” ujar Ketua panitia Haris Suhendar kepada Batam Pos, Sabtu (30/12).

Jumlah peserta di setiap provinsi sebanyak 16 tim. Ke-16 tim dibagi ke dalam beberapa grup. Bertanding menggunakan sistem setengah kompetisi. Para juara provinsi akan bertanding di 6 Zona Regional yang dibagi ke dalam 8 grup. Para juara grup berhak melaju ke babak 8 Besar Nasional.

“Sampai saat ini sudah ada 11 tim yang konfirm ikut ajang ini. Pendaftaran akan ditutup tanggal 6 Januari 2018,” kata Haris.

Dikatakan, berdasarkan aturan yang berlaku peserta Lipesia adalah karyawan perusahaan swasta, BUMN dan BUMD. Dengan rentang usia mulai 20 sampai 40 tahun.

“Partai final nasional dijadwalkan digelar 1 Mei 2018 yang bertepatan dengan Hari Buruh atau May Day,” sebutnya.

Haris berharap Lipesia ini dapat menjadikan sarana berkreasi yang menyehatkan seluruh pekerja di Indonesia serta mengeratkan persatuan para Industriawan dalam satu kegiatan sepakbola.

“Semoga kegiatan ini dapat membantu program pemerintah dalam Percepatan Pembangunan Sepakbola di Indonesia,” tutup Haris. (cr16)

Advertisement
loading...