Sabtu, 20 April 2024

Polresta-Pemko Batam Sepakat Sukseskan Program Kampung Anti Narkoba

Berita Terkait

Kapolresta Barelang Kombes Hengki (tengah) bersama Wakapolresta (kanan) dan Kasat Reskrim memberikan keterangan pengungkapan narkoba saat ekpos di Mapolresta Barelang, Rabu (27/12). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Mengantisiasi maraknya peredaran narkoba di lingkungan masyarakat Batam, Kapolresta Barelang, Kombes Hengki berencana menggandeng Pemko Batam untuk membuat program kampung anti narkoba.

Hal tersebut disampaikan Kombes Hengki saat membuka rapat koordinasi peningkatan peran RT/RW dalam rangka penegakan hukum bagi organisasi radikal dan anti pancasila, guna mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, Jumat (29/12) siang.

“Kami tak ingin peredaran narkoba tahun depan ini marak di Batam. Untuk menekan peredaran narkoba di masyarakat, salah satu caranya yakni dari Polresta Barelang menggandeng Pemko Batam untuk mengimplementasikan kampung anti narkoba di Batam. Kalau untuk mengandalkan personel polisi, jumlahnya sangat terbatas,” ujar Kombes Hengki.

Peran serta masyarakat seperti misalnya memberitahukan adanya oknum yang bertransaksi narkoba di lingkungan masyarakat, lanjut Kombes Hengkis, sangat membantu sekali bersama-sama memberantas keberadaan peredaran narkoba di masyarakat.

“Dari Polresta Barelang untuk mengawali program kampung narkoba nantinya terealisasi dengan efektif, salah satunya akan lombakan masing-masing Polsek yang tersebar di 12 Kecamatan. Perlombaan yang saya maksud adalah, siapa yang mampu memberantas peredaran narkoba terbanyak di wilayah kerjanya Polsek, merekalah yang akan kami kasih reward, baik itu untuk anggota maupun Kapolseknya,” terang Kombes Hengki.

Seperti apa nantinya teknis program menggalakkan kampung anti narkoba, Kombes Hengki mengatakan, hal itu masih akan ia godok bersama jajajaran Kasat-Kasat.

Sementara, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar mendukung penuh apa yang akan dicanangkan oleh Kapolresta Barelang, Kombes Hengki yang akan membuat program kampong anti narkoba.

“Kami dari Pemko Batam sepenuhnya akan mensupport program tersebut demi masa depan masyarakat Batam. Apa yang Pemko Batam bisa dan mampu bantu untuk mendukung program tersebut, saya pasti akan mendukung sepenuhnya. Bila perlu dari Pemko Batam dilibatkan untuk mensukseskan program kampung anti narkoba di Batam,” terang Amsakar Achmad.

Amsakar juga tak mau kalah dengan Polresta Barelang demi terwujudnya program kampung anti narkoba. Ia berencana akan memanggil seluruh camat maupun lurah di Batam.

“Saya berencana akan lombakan camat-camat dan lurah-lurah se-Batam. kelurahan atau kecamatan mana saja yang mampu menekan dan memberikan informasi adana peredaran narkoba di wilayahnya, apalagi sampai ikut menangkap oknum pengedar narkobanya, dari Pemko Batam nantinya akan memberikan reward bagi kecamatan atau kelurahan terbaik yang sudah mampu menekan adanya peredaran narkoba,” terang Amsakar. (gas)

Update