Iklan

Masa lalu adalah sejarah

Iklan

Hari ini adalah goresan

Hari esok adalah harapan

Selamat datang 2018

Seiring perginya kenangan

Menyambut harapan

Kalimat mutiara itu saya kulik dari internet. Kebetulan jelang malam pergantian tahun, saya mencoba berselancar di jagat maya untuk mencari kalimat ucapan yang pas untuk dikirim ke keluarga, relasi, dan rekan kerja.

Saya harus mencari kalimat yang tepat nan indah. Karena, sejak ditugaskan Jawa Pos Jaringan Media Nusantara (JJMN) memimpin manajemen Batam Pos sejak 11 Juli 2017 lalu, ini adalah pertama kalinya saya bertahun baru di Batam. Jauh dari anak-istri dan keluarga.

“Pokoknya harus berkesan dan dalam,” pikir saya.

Akhirnya, ketemulah kalimat yang menurut saya sangat indah itu. Benar-benar menggambarkan momen pergantian tahun. Kalimat yang mengajak kita melupakan masa lalu dan menyongsong masa depan. Sangat-sangat eksotis.

Tahun lalu, Batam berada pada titik nadir. Pertumbuhan ekonominya turun drastis. Pembangunan stagnan. Tidak sedikit pula perusahaan yang gulung tikar. Eksodus besar-besaran meninggalkan kota ini tak terelakkan lagi.

Selama setahun, pertumbuhan ekonomi di bawah 3 persen. Naik-turun bak roller coaster. Tidak stabil. Triwulan pertama pada posisi 2,02 persen, triwulan kedua terjerembab di angka 1,04 persen, dan triwulan ketiga pada 2,41 persen.

Tentunya kita semua berharap agar pada triwulan empat terus meningkat. Karena, Batam harus mengakhiri tahun dengan baik. Sehingga menjadi modal positif untuk mengawali 2018 dengan penuh rasa optimisme.

Menurut berbagai ramalan, 2018 adalah tahun Anjing Bumi. Suhu Yo, seorang pakar feng shui menuturkan, bisnis teknologi akan meningkat sebesar dua kali lipat. Hal ini juga disebut terlihat dari banyaknya kepemilikan telepon genggam.

Sementara pengamat feng shui lainnya, Heri Kusrianto menyebut, bisnis yang baik dijalankan di 2018 berkaitan dengan unsur api dan air. Dia menilai, yang oke berhubungan dengan unsur air seperti transportasi, travel. Kalau unsur api, entertainment.

Sedangkan Astroshiopedia menyebut, tahun Anjing Bumi akan membawa kesuksesan bagi mereka yang memiliki kemurahan hati, integritas, dan kejujuran yang tinggi. Kekuatannya adalah gagah berani, loyal, bertanggung jawab, pintar, dan pantang menyerah. Mirip dengan karakteristik masyarakat Batam.

Terlepas dari feng shui, 2018 juga menjadi tahunnya orang-orang politik. Selain menyambut pemilihan umum (pemilu), beberapa daerah di Indonesia termasuk Kepri akan menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada).

Ini menjadi bukti bahwa Batam akan menggeliat di tahun ini. Mencoba melupakan masa lalu yang kurang nyaman. Di mana ambruknya perekonomian menyiksa seluruh elemen masyarakat.

Tak sekadar dunia usaha dan industri saja, dunia politik juga diprediksi akan membuat Batam makin tangguh. Perekonomian diprediksi terus membaik. Selama kita semua berkomitmen untuk menjaga kondusivitas di Batam.

Bagaimana dengan bisnis properti? Saat ini properti merupakan bisnis yang menggiurkan. Tanda-tanda kebangkitan industri ini sudah terlihat. Di akhir 2017 saja, banyak ground breaking hingga launching yang dilakukan perusahaan properti. Dari perumahan, rumah toko (ruko), pusat perkantoran, hingga apartemen.

Mereka berlomba-lomba mengambil start pada 2018 ini. Dengan start yang baik, tentu saja kita harapkan bisnis properti makin tumbuh di tahun ini. Batam tanpa properti sangat hampa. Sehingga harus kita dorong dan support.

Tak ketinggalan bisnis perhotelan. Sinergi pemerintah daerah dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam mendorong potensi wisata sangat dinanti oleh semua pihak. Kehadiran wisatawan asing dan lokal akan mendongkrak tumbuhnya ekonomi di kota ini.

Transaksi ekonomi berjalan, okupansi meningkat, uang terus berputar, dan pembangunan terus tumbuh. Kalau sudah oke, Batam akan kembali menjadi kekuatan ekonomi nasional. Bahkan mampu bersaing dengan Singapura, Johor dan negara-negara lainnya di ASEAN.

Biarlah “kelamnya” masa lalu Batam di tahun 2017 menjadi kenangan. Cukup jadi bagian sejarah. Tidak untuk diingat atau disesali. Hari ini kita harus matangkan strategi. Menggoreskan rencana-rencana masa depan. Tentu untuk menyongsong harapan yang lebih baik di tahun 2018. ***

 

Guntur Marchista Sunan
General Manager Batam Pos