Kamis, 28 Maret 2024

Tablet Gulung ala Samsung

Berita Terkait

batampos.co.id – Samsung, pabrikan asal Korea Selatan (Korsel) melakukan inovasi yang bisa dibilang ‘gila’.

Ya! Gila! Sebab dalam video bocoran konsep yang beredar, produk yang bisa digulung itu merupakan sebuah tablet.

Apa yang ada dibenak kamu ketika membayangkan sebuah gadget semisal tablet? Tentunya kotak, dan lebih besar dari ukuran ponsel. Lalu di mana kamu nantinya akan menempatkan tablet itu? di dalam tas pastinya. Ukuran tablet yang besar tentu merepotkan.

Namun, berbeda dengan produk yang satu itu. Tablet yang bisa digulung ini nantinya hanya akan sebesar lipstik yang bisa masuk ke dalam saku. Sangat berbeda dengan tablet pada umumnya bukan?

Dalam video yang beredar itu nampak tampilan tablet Samsung yang bisa ditarik (roll up and down) dan menggunakan sensor sidik jari untuk membukanya. Seperti tren saat ini, fitur keamanan menjadi yang utama.

Laman LetsGoDigital, Selasa (2/1) menulis, Samsung dikabarkan telah mematenkan layar OLED yang bisa digulung yang bekerja dengan magnet dan memiliki sensor sidik jari dengan layar roll-up fleksibel yang bisa digulung, seperti gulungan perkamen. Meskipun masih merupakan konsep dan dibutuhkan beberapa tahun lagi sebelum bisa benar-benar dimiliki, namun soal inovasi selalu menjadi hal yang menarik untuk diperbincangkan.

Sebuah paten baru dari Samsung baru saja diterbitkan di database WIPO dengan tanggal pendaftaran per 13 Juni 2017. Tepat setahun yang lalu, paten asli itu diterapkan di Kantor Kekayaan Intelektual Korea. Kini Samsung tengah sibuk mendesain tablet yang bisa digulung tersebut.

Panel display fleksibel yang dipatenkan itu dapat digulung menyesuaikan tempat layar tersimpan. Tempat yang nantinya akan menjadi rumah bagi layar gulung itu terbuat dari bahan logam, serta layarnya merupakan layar OLED berisi satu atau lebih magnet.

Nantinya produk itu akan bekerja dengan model roll dan berdesain silindris. Berbentuk sebesar puntung rokok, perangkat akan membaca sensor sidik jari pengguna dan secara otomatis layar akan terhampar. Persis seperti garasi otomatis di rumah kamu.

Kemungkinan, paten terbaru dari Samsung yang ‘gila’ itu akan turut dikenalkan ke publik pada gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2018 yang akan dihelat di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 9 hingga 12 Januari mendatang. (ce1/ryn/JPC)

Update