foto: cecep mulyana / batampos

batampos.co.id – Pemko Batam tahun ini berencana membuka lowongan untuk seribu lebih calon pegawai negeri sipil (CPNS). Beberapa bidang yang paling diutamakan diantaranya tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, tenaga teknis hingga tenaga administrasi.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi telah mengajukan permintaan penerimaan CPNS kepada Menteri Pembedayaan Aparatur Sipil Negara (MenPAN RB). Saat mengajukan kuota CPNS, Rudi diminta untuk menanda tangani surat pernyataan.

“Saya sudah ajukan beberapa waktu lalu. Pas mengajukan saya diminta tandatangan pernyataan. Apa isi pernyataanya tak perlu saya sampaikan,” imbuh Rudi di Engkuputri, Rabu (3/1).

Ia berharap permintaan tentang jumlah kuota penerimaan CPNS di Pemko Batam dapat dikabulkan. Karena melihat kondisi Batam saat ini yang memang butuh dengan tenaga-tenaga baru.

“Mudah-mudahan terkabul. Jadi banyak honorer yang punya kesempatan untuk jadi PNS,” jelas Rudi.

Dijelaskan Rudi, saat ini pada tenaga pendidikan terdapat ribuan honorer yang belum memiliki status yang jelas. Padahal mereka sudah bekerja cukup lama. Ditambah dengan tenaga medis yang memang sangat diperlukan untuk pelayanan kesehatan masyarakat lebih baik.

“Jumlah honorer guru saja lebih dari 2000, kesehatan 1000, belum yang lain. Kalau ini tak segera ditangani, akan mengeluarkan APBD yang semakin besar,” ungkap Rudi.

Selain tenaga medis dan pendidikan, Pemko Batam juga butuh tenaga teknis hingga akutansi. Apalagi saat ini Pemko Batam tengah gencar-gencarnya melakukan perbaikan infrastruktur dan jalanan di Batam.

“Sebenarnya banyak yang dibutuhkan, namun kami utamakan yang paling dibutuhkan saja,” ujar Rudi.

Disinggung kapan rencana pembukaan lowongan CPNS tersebut, Rudi belum bisa memastikan. Sebab, hal itu masih menunggu keputusan MenPAN RB Asman Abnur.

“Nanti kalau sudah disetujui pasti diumumkan juga. Yang penting besar harapan saya untuk permintaan itu terkabul,” pungkas Rudi. (she)

Advertisement
loading...