Iklan
Gubernur Kepri Nurdin Basirun menelusuri Sungai Jelutung Kabupaten Lingga, Minggu (7/1). F. Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun memerintahkan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV untuk mengkaji kualitas air terjun Sepanjang dan Sungai Jelutung di Daik Lingga. Sumber air yang melimpah ini bisa dimanfaatkan untuk penyediaan air wilayah Lingga hingga ke Batam.

Iklan

“Kebutuhan air terus meningkat untuk industri, rumah tangga dan lainnya. Sumber-sumber baru penyediaan air harus terus disiapkan,” kata Nurdin saat meninjau kawasan Sungai Jelutung dan air terjung Sepanjang di Pulau Daik, Kabupaten Lingga, Ahad (7/1).

Nurdin memang melakukan perjalanan khusus ke kawasan ini untuk melihat potensi air baku yang tersedia. Setelah beraktivitas di Tanjungpinang dan Pulau Batu Belubang, Nurdin bergerak menuju Daik.

Sampai di Daik, Nurdin bersama Kadis PU Abu Bakar dan tim dari BWS bertukar speed kecil menyusuri Sungai Jelutung. Mereka bergerak hingga ke arah air terjun Sepanjang.

Dalam perjalanan, terlihat limpahan airnyanh begitu banyak. Karena itu, Nurdin langsung meminta tim BWS untuk melakukan kajian. Di antaranya kualitas air, debit, dan hal-hal lain terkait kebutuhan air ke depannya.

“Tolong segera kaji kualitasnya. Termasuk distribusi ke sejumlah pulau,” kata Nurdin.

Saat kunjungan tersebut, hujan baru saya menguyur kawasan ini. Sehingga ada kekeruhan pada air tersebut. Tim BWS pun baru membawa perlengkapan standar. Sehingga mereka akan melakukan kajian khusus untuk ini.

Soal kunjungan ke Daik, sebelumnya sudah menjadi perbincangan Nurdin bersama Tim BWS. Saat sidak ke Waduk Sei Gong dan Waduk Kawal, Nurdin mengatakan bahwa sumber sumber air baku baru harus dicari, terutama ke kawasan Lingga.

“Ke pelosok manapun akan saya temani, apalagi ini untuk kepentingan masyarakat,” kata Nurdin saat itu.

Usai menjelajah sungai Nurdin menuju Desa Kote untuk menyaksikan final sepak bola. Nurdin menyaksikan pertandingan hingga selesai untuk kemudian berlayar lagi kembali ke Tanjungpinang. (bni)