Sejumlah kendaraan melintas dijalan didepan ruli Kampung Air Batamcenter yang rusak dan berlubang, Selasa (9/1). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Jalan di Kampung Air atau sekitar kawasan Industri Batamcenter rusak dan becek. Bahkan pada malam hari, jalan tersebut gelap gulita tanpa penerangan lampu jalan.

Iklan

Kondisi jalan rusak di Kampung Air ternyata sudah lama berlangsung. Padahal akses jalan itu banyak dilewati kendaraan warga hingga kendaraan industri. Saat melintasi jalan, pengendara harus memperlambat laju kendaraan karena banyak lubang yang dipenuhi air. Apalagi disisi jalan, terdapat parit besar yang tidak ada pembatas dengan jalan. Padahal kalau dilihat sekilas, parit besar itu memiliki kedalaman 3 meter.

Kondisi semakin menakutkan apabila melewati jalur tersebut pada malam hari. Sepanjang jalan tersebut minim penerangan atau lampu jalan.

“Sudah jalan rusak. Kalau malam hari gelap gulita, karena tak ada lampu jalan,” ujar Lisya, Selasa (9/1).

Menurut dia, harusnya pemerintah setempat bisa memperhatikan kondisi jalan tersebut. Sebab, akses jalan tersebut sudah lama dibuka dan ramai dilalui pengendara karena merupakan akses jalan pintas.

“Jalannya sudah lama rusak dan sepertinya belum diperbaiki. Padahal banyak yang lewat sana (Jalan Kampungair, red) karena lebih cepat sampai,” imbuh wanita berusia 25 tahun ini.

Hal senada disampaikan Endriko karyawan salah satu kawasan industri di Batamcenter. Menurutnya, tak adanya penerangan jalan sangat menganggu laju kendaraan. Apalagi ada pengendara yang memakai lampu jauh (sorot) untuk saat melewati jalur tersebut.

“Ada pengendara yang nggak ngerti, mereka pakai lampu jauh dan menyilaukan. Padahal kondisi jalan gelap, tapi mereka tak memikirkan kendaraan yang beda arah,” jelas Endriko.

Petugas keamanaan kawasan industri juga membenarkan jika kondisi jalan rusak tersebut sudah lama rusak. Kondisi semakin parah saat hujan turun. “Kalau hujan lubang jalan tertutup air dan pengendara banyak tak tahu ada lubang,” pungkas pria yang enggan namanya dikorankan. (she)