batampos.co.id – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karimun Raja Azmah mengatakan, keberadaan kelompok kerja diteksi dini kanker rahim dan payudara sangat baik untuk memberikan sosialisasi maupun informasi terhadap penyakit kaum hawa yang menjadi momok bagi wanita. Untuk itu diharapkan, bisa memberikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada ibu-ibu maupun para remaja wanita di lingkungan Kecamatan Karimun.

”Paling penting bagaimana kita menjaga pola hidup sehat. Artinya, hidup sehat tidak membutuhkan dana yang besar tapi secukupnya,” jelas Azmah, Rabu (10/1) saat menghadiri pengukuhan kelompok kerja diteksi dini kanker rahim dan payudara.

Sebab, Tim Penggerak PKK kabupaten saat ini sudah mencanangkan ” Cerdik “, Cara menjalankan pola hidup sehat, hindari minuman keras dan lain-lain, rokok harus dihindari, diet kalori yang seimbang, istirahat yang cukup dan Kelola stres dengan baik. Dengan melakukan Cerdik ini, dapat terhindari dari penyakit kanker rahim dan payudara.

Selain itu, bisa dilakukan pengecekan sejak usia dini yang dapat dilakukan di Puskesmas maupun rumah sakit. Dengan pengukuhan ini, bisa menjadi inovasi bagi ibu-ibu dalam menekan angka kanker bagi kaum perempuan.

”Intinya, bagaimana kita memberikan pemahaman kepada masyarakat. Supaya hidup sehat, serta insya allah nanti akan diberikan penghargaan bagi PKK Kecamatan yang bisa membuat inovasi dalam pencerahan kepada masyarakat, ” pesannya.

Sementara itu Ketua PKK Karimun Bismawati, menghimbau kepada seluruh warga Karimun agar melakukan pemeriksaan di Puskesmas. ” Kalau untuk pemeriksaan tidak bayar, jadi silahkan datang ke Puskesmas Karimun untuk melakukan pemeriksaan kanker rahim dan payudara,” pesannya.(tri)

Respon Anda?

komentar