Arif Fadilla. F. Yusnadi

batampos.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri, TS. Arif Fadillah berangkat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menindaklajuti usulan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun terkait Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Tanjungpinang untuk menggantikan Lis Darmansyah. Menurut Sekda, rencana pelantikan tersebut akan digelar pada 17 Januari 2018.

“Ya benar, sekarang ini kami sedang berada di Kemendagri untuk memfollow up usulan yang disampaikan Gubernur Kepri,” ujar Arif, Kamis (11/1).

Menurut Arif, dari penjelasan yang didapat pihak di Kemendagri, usulan tersebut masih berada di Biro Hukum Kemendagri. Kemudian setelah itu, akan disampaikan ke Dirjen Otonomi Daerah (OTDA). Selanjutnya adalah keputusan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Kami juga sudah menjelaskan, perihal rencana pelantikan yang akan digelar 17 Januari nanti. Ya mudah-mudahan, keputusannya keluar awal pekan depan,” harapnya.

Disebutkannya, keputusan pihaknya berangkat ke Jakarta adalah instruksi langsung dari Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. Dijelaskannya, ada beberapa hal tentunya yang dipelajari oleh Kemendagri. Tentu hal itu, membutuhkan waktu sebelum didapat satu nama.

“Soalnya yang dipilih adalah satu nama. Sementara yang diusulkan ada tiga kandidat. Sudah pasti dipelajari mengenai rekam jejaknya,” tegas Arif.

Ditanya siapakah yang sangat berpeluang untuk duduk menjadi Pjs Walikota Tanjungpinang. Mengenai hal itu, mantan Sekda Karimun tersebut menjelaskan, hasil diskusi bersama Gubernur adalah mengusulkan tiga nama tersebut. Artinya ketiga kandidat punya peluang yang sama untuk ditunjuk.

“Semua punya peluang untuk dipilih. Ya kita tunggulah keputusan dari Mendagri. Artinya siapa yang dipilih, tentu adalah yang terbaik diantara yang baik,” tutup Arif.

Sementara itu, Direktur Jendral (Ditjen) OTDA Kemendagri, Soni Sumarsono mengakui, usulan yang disampaikan Gubernur Kepri hingga hari ini (kemarin,red) masih belum sampai ke meja kerjanya. Dijelaskannya, apabila sudah ditangannya, akan segera diserahkan ke Medagri.

“Masih belum sampai ke meja saya. Kalau sudah ada, akan segera saya serahkan ke Mendagri untuk diputuskan pejabat terpilihnya,” ujar Soni.

Seperti diketahui, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun telah memutuskan dua putra terbaik Tanjungpinang dan satu dari luar Tanjungpinang untuk dipersiapkan sebagai pengganti Lis Darmansyah untuk memimpin Tanjungpinang lebih kurang 9 bulan kedepan.

Mereka adalah, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum, Raja Ariza. Nama kedua yakni, Syamsul Bahrum Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan. Baik Raja Ariza maupun Syamsul Bahrum sama-sama putra terbaik Tanjungpinang yang duduk di lingkaran Pemprov Kepri. Sedangkan satu nama lainnya adalah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Kesehatan Hewan, Ahmad Izhar.(jpg)

Respon Anda?

komentar