Tiga Calon Walikota Tanjungpinang, Syahrul, Edi Syafrani dan Lis Darmansyah usai menjalani tes psikologi di RSUD Kepri, Jumat (12/1). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Tiga bakal pasangan calon kepala daerah mulai menjalankan rangkaian tes kesehatan sebagai persyaratan mutlak mengikuti kontestasi Pilkada Tanjungpinang 2018. Dimulai Jumat (12/1) kemarin, pasangan Lis-Maya, Syahrul-Rahma, dan Dua Edi telah melakoni tes psikis dari pagi hingga petang bersama psikolog dari Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI) Kepri di Rumah Sakit Ahmad Thabib, Batu 8, Tanjungpinang.

Ada ratusan soal dan serangkaian wawancara yang harus dijalani. Nyatanya, tidak ada satu pun bakal paslon yang mengeluhkan jalannya tes psikis. Dengan lain kata, psikotes yang dijalani mudah belaka. Memang sebab yang ingi diuji adalah kepribadian dari masing-masing bakal paslon kepala daerah.

Wali kota petahana, Lis Darmansyah mengaku senang saja menempuh psikotes. Bahkan ia membeberkan tahapan yang sudah dijalaninya di ruang tes. “Lancar-lancar aja kok tadi di dalam. Selain psikotes tertulis, tadi juga ada disuruh menggambar,” ungkap Lis.

Hal yang sama dilontarkan wakil wali kota petahana, Syahrul yang kini maju sebagai bakal calon wali kota. Psikotes, kata dia, tidak jauh berbeda dengan yang pernah dijalaninya lima tahun lalu. Ketimbang mengomentari psikotes, Syahrul lebih fokus menyiapkan diri untuk tahapan tes selanjutnya. “Ya sekarang mempersiapkan fisik saja, karena besok (hari ini, red) itu tes kesehatan,” ujarnya.

Sementara sang penantang petahana dari jalur perseorangan, Edi Syafrani juga tak kalah santai melakoni psikotes. Profesinya sebagai aparatur sipil negara telah membiasakannya mengikuti serangkaian tes sedemikian. “Kami kan sudah biasalah kalau tes-tes macam ini. Tadi yang ditanyakan di dalam lebih dari 500 pertanyaan juga,” ungkap Edi.

Psikotes yang dilakoni tiga pasang bakal paslon kemarin baru awalan. Sebagaimana yang telah dijadwalkan KPU Tanjungpinang, tes kesehatan akan dilangsungkan 12-15 Februari 2018.

Wakil Ketua Tim Kesehatan Paslon, dr. Sunarto menjelaskan, usai menempuh tes kejiwaan, tiga pasang bakal paslon akan mengikuti tahapan tes kesehatan komprehensif di tempat yang sama, Sabtu (13/1) pagi ini. “Tes medis itu meliputi kesehatan menyeluruh, kesehatan jantung yang semua dilaksanakan di laboratorium. Kalau ada yang tidak selesai akan dilanjutkan sampai Minggu,” beber dr. Sunarto.

Kemudian setelah merampungkan serangkaian tes kesehatan di sepanjang akhir pekan ini, tim kesehatan yang terdiri dari IDI, HIMPSI, dan BNN ini akan memplenokan hasil tes tiga pasang bakal paslon. “Baru setelah itu diserahkan ke KPU Tanjungpinang,” ujarnya. (aya)

Respon Anda?

komentar