batampos.co.id – Akibat cuaca ekstrim sejumlah kapal domestik batal barangkat, yakni fery dengan rute Jagoh-Tanjungpinang seperti MV Lintas Kepri, MV Lingga Permai dan MV Super Jet, begitu juga dengan kapal rute Jagoh – Batam MV Sabang Marindo juga tidak dapat berangkat.

Tidak hanya kapal Fery domestik, Syahbandar Dabo Singkep juga melarang keberangkatan kapal Roll on Roll off (Roro) tujuan Batam. Namun hingga berita ini ditulis Petugas Syahbandar Dabo Singkep masih memastikan kondisi cuaca apakah sudah pada kategori layak untuk perjalanan kapal.

“Info dari BMKG ketinggian ombak mencapai empat meter. Sekarang kami masih di lapangan (pelabuhan Jagoh, red) untuk memeriksa kondisi,” kata Petugas Syahbandar Dabo Singkep, M Tamrin, Jumat (12/1) pagi.

Dia menambahkan, jika kondisi cuaca atau ombak telah setabil, pada posisi aman untuk dilakukan pelayaran, maka mereka akan memberikan izin kepada kapal yang ada untuk melakukan perjalanan menuju rute yang telah ditentukan.

Tamrin melanjutkan, dirinya telah mendapat kabar dari luar Lingga kalau kapal Batam tujuan Jagoh juga batal berangkat dikarenakan hal yang sama yakni kondisi cuaca yang tidak memungkinkan. Sehingga Tamrin memastikan seluruh kapal Fery tidak berangkat hari ini dan menunggu cuaca membaik esok hari (hari ini red).

“Tinggal kapal Roro lah, kalau kapten memetuskan dapat berangkat malam ini yah silahkan. Tapi jika ombak juga masih tinggi tentunya tidak berangkat,” kata Tamrin.

Tamrin merincikan penumpang yang batal berangkat berjumlah sekitar 140 lebih, dengan rincian 40 lebih penumpang Roro dan 100 lebih penumpang fery domestik yang gagal berangkat. Sedangkan jumlah truk dan kendaraan yang batal menyeberang dengan Roro sekitar 10 unit kendaraan. (wsa)

Advertisement
loading...