ilustrasi

batampos.co.id – Kantor Imigrasi Batam akan membuka layanan pembuatan paspor khusus untuk tenaga kerja Indonesia (TKI). Layanan yang bertujuan mempermudah TKI memperoleh paspor ini rencananya mulai beroperasi akhir Januari di Gedung Imperium, Baloi.

Iklan

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto mengatakan calon TKI yang akan bekerja di luar negeri akan lebih mudah dalam membuat paspor. Sebab, pihaknya bekerjasama dengan Kemenaker akan membuka Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) Mal Imprerium.

“Di sana juga ada Kemenaker, jadi akan lebih mempermudah TKI dalam prosedur untuk bekerja di luar negeri. Jadi LTSP ini khusus untuk calon TKI,” terang Lucky.

proses pembuatan paspor TKI sama dengan paspor pada umumnya. Hanya saja disana mereka lebih ditanya syarat apa saja yang telah dilengkapi untuk bekerja di luar negeri.

“Jadi, tujuan ini juga menghindari adanya TKI non prosedural,” imbuh Lucky.

Menurut dia, saat ini LTSP masih dalam proses pengerjaan. Ia berharap layanan tersebut bisa mulai dirasakan masyarakat pada akhir Januari ini.

“Jadi para TKI tak perlu ke Kantor Imigrasi lagi. Mereka bisa langsung ke Imperium,” terang Lucky.

Disisi lain, Lucky mengaku Imigrasi Batam telah membuka seluas-luasnya pengurusan paspor untuk masyarakat Batam. Saat ini masyarakat sudah bisa menikmati empat lokasi layanan pembuatan paspor, diantaranya kantor Imigrasi Batamcenter, ULP Harbourbay, di MPP Gedung SPC Batamcenter, Kepri Mal hingga tanggal 21 Januari.

“Bahkan kami juga melayani jemput bola secara kolektif untuk instansi dan perkantoran di Batam. Syaratnya minimal 20 paspor,” pungkas Lucky. (she)