Iklan
Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batam, Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan memeriksa kapal penyelundup. foto: cecep mulyana

batampos.co.id – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batam miliki satuan tugas anti penyelundupan narkoba. Satgas ini dibentuk atas dasar keprihatinan TNI AL akan maraknya penyelundupan.

“Ini Satgas internal kami, berdasarkan petunjuk atasan,” kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batam, Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, Rabu (17/1).

Ia mengatakan satgas ini akan mengawasi jalur laut, yang disebut-sebut menjadi pintu masuknya narkoba dari luar negeri. Pasokan sabu terbesar dari, kata Iwan kebanyakan berasal dari Malaysia.

“Kapal sabu yang kami amankan, Selasa (16/1) juga dari Malaysia,” ujarnya.

Satgas ini akan diperkuat dengan melaksanakan patroli rutin, di perairan yang dianggap rawan akan penyelundupan narkoba.

“Patroli lebih kami giatkan,” ucapnya.

Tapi patroli ini, kata Iwan akan didukung dengan data intelijen yang mumpuni. Sebab dengan hanya meningkatkan patroli, tanpa tahu informasi waktu penyelundupan akan menjadi sia-sia saja.

Iwan mengatakan pihaknya juga akan meningkatkan pengumpulan data intelijen.

“Begitu informasi masuk, kami akan cegat kapal-kapal yang membawa narkoba itu,” tuturnya.

Pihak TNI AL, tentunya nanti akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Agar pemberantasan penyelundupan narkoba ini lebih mumpuni.

“Kami akan berkoordinasi dengan berbagai instansi,” ujarnya. (ska)