Peluk erat Lis-Syahrul disaksikan seluruh ASN Pemko Tanjungpinang usai menunaikan apel terakhir di Kantor Wali Kota di Senggarang, Rabu (17/1). F. Fara/Batam Pos.

batampos.co.id – Cium pipi kanan kiri, menjadi hal yang lumrah dilakukan Lis dan Syahrul pada beberapa kesempatan. Namun peluk hangat nan erat keduanya pada apel terakhir, Rabu (17/1) kemarin bikin haru. Sebab keduanya akan bersaing di Pilkada tengah tahun nanti.

Menyeruput kopi di sembarang kedai, akan menjadi hal yang berbeda usai jabatan Wali Kota Tanjungpinang ia letakkan. Tak ada keterburuan. Tak perlu menentukan jam khusus. “Bebas ngopi di mana saja dan jam berapa saja,” ucap Lis Darmansyah usai pelaksanaan upacara bendera Hari Kesadaran Nasional (HKN), Rabu (17/1) kemarin.
Kendati mendapatkan kebebasan bersantai setelah kembali menjadi masyarakat, diakui Lis, banyak hal yang akan ia rindukan setelah 1.825 hari lalu dilewati sebagai orang nomor satu di Tanjungpinang.
“Utamanya kehadiran masyarakat. Masyarakat pasti tetap mengeluh ke saya. Mudah-mudahan saya tetap dapat memberikan masukan kepada pemerintah atau pun penjabat. Agar masalah-masalah bisa cepat terselesaikan,” kata Lis.
Melepaskan jabatan sebagai wali kota ini, Lis juga menuturkan harapannya agar seluruh lapisan pemerintahan tetap dapat berjalan sepeti biasa. Sehingga pelayanan kepada masyarakat, tetap prima walau pemerintah berganti.
Syahrul pun berpesan sama. Dan ia pun berharap silahturahmi yang telah terjalin selama lima tahun terakhir akan terjaga meski apa pun yang terjadi kemudian hari.
“Saya pasti rindu, akan kebersamaan para pegawai Pemko Tanjungpinang. Kerja sama yang terjalin selama ini cukup akrab dan baik. Sehingga roda pemerintahan pun berjalan dengan baik,” kata Syahrul.
Lis dan Syahrul selanjutnya mendapatkan kesempatan bersarapan bersama beberapa SKPD. Bertabur candaan dan tawa, menu sesederhana nasi lemak menjadi istimewa.
Sampai akhirnya, Lis dan Syahrul diantar beriring oleh Paskibraka. Lalu menerima pengalungan bunga oleh Riono yang kini menjabat sebagai Plh Wali Kota Tanjungpinang. Lambaian dan ucapan kerinduan dari ratusan ASN yang hadir, turut mengiring langkah Lis dan Syahrul menuju gerbang.
Di penghujung barisan, Lis dan Syahrul tak mampu menahan haru. Dilampiaskannya salam perpisahan dalam jabatan dan peluk yang erat.
Tak banyak kata yang bisa terucap, pada pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2013-2018 ini. Hingga terwakilkan dengan air mata yang mengalir ke pipi.
Para aparatur sipil negara lantas berbaris. Hendak bersalaman. Dan permohonan maaf pun berkali-kali dilontarkan dari Lis maupun Syahrul, di setiap jabatan.
“Saya akan merindukan suasana bersama beliau berdua. Terutama candaan dan tegurannya yang membangun,” ucap Riono, sembari berjalan mengantarkan Lis dan Syahrul menuju kendaraannya masing-masing. (aya)

Respon Anda?

komentar