Kamis, 25 April 2024

Razia Rutin Tingkatkan Kesadaran Pengendara

Berita Terkait

batampos.co.id – Kasat Lantas Polres Lingga AKP Indra Jaya memastikan kegiatan razia yang dilakukan jajaran lantas beberapa waktu terakhir hanyalah melakukan kegiatan rutin dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait keselamatan berlalulintas.

“Tujuannya supaya masyarakat terutama pengendara, memahami betul kalau keselamatan itu yang utama. Karenanya mereka melengkapi segala atribut kendaraan serta kelengkapan lainnya,” ujar Indra ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (16/1) siang.

Namun Indra mengaku, hingga saat ini kesadaran masyarakat terkait keselamatan dalam berkendara jauh meningkat tajam. Dia mencontohkan, telah banyak pengendara yang memakai helm saat mengendarai sepeda motor di malam hari, sebelumnya tidak ada pengendara yang mengenakan helm pada malam hari.

“Helm kan bukan hanya untuk siang hari tetapi untuk perlindungan kepala dari benturan jika terjadi kecelakaan,” kata Indra.

Selain di malam hari, saat ini masyarakat sudah mengerti dan faham sepenuhnya jika berkendaraan terutama yang menggunakan sepeda motor dengan berboncengan tentunya memerlukan dia helm. Sehingga keselamatan pada rekan yang dibonceng juga terjamin.

Pria yang menyandang tiga balok di pundaknya ini mengingat ketika pertama kali bertugas di Bunda Tanah Melayu ini, masih minimnya kesadaran masyarakat akan keselamatan berlalulintas. Untuk itu dia mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar mencintai diri sendiri sehingga lebih memperhatikan keselamatan.

Indra juga menambahkan, meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap keselamatan berlalulintas, juga berdampak pada peningkatan pendapatan daerah melalui pajak kendaraan. Tentunya hal ini menguntungkan bagi negara untuk mempercepat pembangunan.

“Saat ini pajak juga meningkat setelah kesadaran pengendara telah meningkat untuk melengkapi berkas kendaraan serta atribut kendaraan lainnya,” kata Indra. (wsa)

Update