Iklan
Pengunjung menikmati suasana pantai Tanjung Siambang Pulau Dompak Minggu (15/10) lalu. F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Pemprov Kepri Naharuddin menegaskan bahwa Gubernur ingin pembenahan dan penataan Pulau Dompak harus digesa. Selain dikembangkan sebagai kawasan pemerintahan, juga dilakukan pembenahan sektor pariwisata, olahraga, kuliner dan keagamaan. Sehingga daerah ini akan terus terus tumbuh dan berkembang.

“Sebagai pusat pemerintahan harus menjadi perhatian seluruh masyarakat. Semua aktivitas dapat dilakukan disini bukan hanya terkait dengan pemerintahan saja,” ujar Nahar, di Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (17/1).

Kelengkapan itu, menurut Nahar harus dalam kuantitas yang optimal dengan kualitas terbaik. Komitmen yang tinggi tersebut tentu perlu anggaran yang tidak sedikit. “Kita akan menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan yang ada, jadi kita akan lakukan secara bertahap tiap tahunnya,” ujar Nahar.

Demi mewujudkan itu semua, di 2018 ini dibangun lapangan sepakbola secara bertahap dengan anggaran sebesar Rp 20 Miliar dengan beberapa item seperti pematangan lahan, drainase, pembangunan lapangan dan tribun serta pagar tembok dengan Lahan seluas 4 atau 5 hektare. Direncanakan minggu ke-3 Februari 2018 sudah mulai dikerjakan.

Selain itu direncanakan pula pembangunan kampung nelayan untuk masyarakat di pesisir pulau Dompak dan membangun wisata mangrove. Untuk pembenahan Pulau Dompak pada tahun 2018 ini dianggarkan sebesar Rp 14 Miliar.

Terkait kinerja OPD secara umum sendiri, Gubernur berpesan meskipun 2018 baru memasuki awal namun waktu tetap terus berjalan untuk itu Gubernur berpesan kepada OPD agar melengkapi seluruh pemberkasan di awal seperti melengkapi SIRUP (Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan). (hgt)