Kamis, 28 Maret 2024

Diduga Difteri, Korban Dirawat Isolasi di RSUD Batam

Berita Terkait

batampos.co.id – Humas RSUD Embung Fatimah, Novita Tri Karlena mengatakan ada satu pasien yang menjalani rawat isolasi karena diduga mengidap penyakit difteri di RSUD Embung Fatimah. Pasien yang berusia empat tahun tersebut sedang dirawat dan menunggu hasil pemeriksaan untuk menentukan apakah positif mengidap penyakit difteri atau tidak.

“Dia warga Batam, masih anak-anak,” ujar Novi di ruangannya, Kamis (18/1).

Dia mengatakan pasien yang berinisial Ta tersebut di rawat Rabu (17/1) kemarin. Saat dirujuk dari Rumah Sakit Chamata Sahidiya Panbil ke RSUD pasien menunjukkan gejala awal difteri yakni demam tinggi dan batuk. “Kondisinya mirip orang yang terserang difteri, tapi kita tunggu hasil pemeriksaan dulu, ini masih gejala awal,” katanya.

Maka dari itu, untuk menghindari kuman difteri menyebar, pasien itu dirawat di ruang isolasi RSUD Embung Fatimah. Selama dirawat, pasien didampingi oleh dokter anak. “Selama menunggu hasil, dia dirawat intensif di sini. Orang yang menjenguk pun harus hati-hati,” jelasnya.

Jika nantinya pasien tersebut positif mengidap penyakit difteri, pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Batam untuk melakukan pencegahan dengan cara vaksin.

Sementara itu, Novi menyebutkan hingga saat ini, RSUD Embung Fatimah baru mendapatkan satu pasien yang diduga mengidap penyakit difteri.

“Sampai saat ini belum ada, baru diduga saja,” tutupnya. (une)

Update