Jumat, 19 April 2024

Maret, Arab Saudi Cabutan Larangan Bioskop

Berita Terkait

foto: reuters

batampos.co.id – Arab Saudi segera membuka kran larangan bioskop.

Pencabutan ini adalah bagian dari Visi 2030 Saudi.

Pencabutan resmi larangan tersebut akan dilakukan pada bulan Maret. Para pencinta film Saudi disuguhi pertunjukan dua animasi komedi keluarga The Emoji Movie dan Captain Underpants.

Seperti dilansir New Arab, Jumat, (19/1), kedua film itu sebenarnya tidak cukup mendapat penilaian positif dari masyarakat. Hingga muncul sindiran, setelah kedua film tersebut diputar.

Sampai saat ini infrastrukur untuk pembangunan bioskop belum siap. Film-film tersebut diputar di sebuah teater sementara di pusat kebudayaan yang dikelola Jeddah.

“Sampai sekarang, tidak ada infrastruktur untuk bioskop, jadi kami mencoba memanfaatkan tempat alternatif untuk mendekati bentuk sinematik bioskop,” kata Mamdouh Salim, Pemilik Cinema 70 yang menyelenggarakan pemutaran awal film selama sepekan.

“Kami mencoba menggunakan film-film ini untuk menjadi titik awal sebagai screening sinematik pertama setelah keputusan pada tanggal 11 Desember yang mengizinkan pengoperasian bioskop,” ujar Salim.

Bioskop dilarang di Kerajaan Saudi pada awal tahun 1980-an. Sebab mendapat tekanan dari kelompok Islam yang menyatakan, dunia hiburan seperti musik dan film tidak baik karena di sana terjadi percampuran pria dan wanita.

Dalam beberapa bulan terakhir, Putra Mahkota Kerajaan Saudi, Mohammed Bin Salman (MBS) telah memimpin program reformasi modern. Program ini dikenal sebagai Visi 2030.

MBS ingin menghidupkan kembali ekonomi Saudi dengan melakukan diversifikasi dari ketergantungannya pada ekspor minyak. Juga mendorong pengeluaran domestik melalui penciptaan bioskop, tempat musik, dan taman hiburan.

(iml/JPC)

Update