Selasa, 19 Maret 2024

Ough… Janin dalam Rahim Nendang

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Masa kehamilan, masa paling bahagia. Apalagi saat janin didalam rahim nendang-nendang… olala…

Setiap gerakan dan tendangan menjadi tanda bahwa janin sedang berkomunikasi kepada ibunya.

Gerakan bisa mencerminkan mood bayi. Dilansir dari Boldsky, Kamis (18/1) ada sejumlah fakta-fakta seputar gerakan bayi yang bisa menjadi sinyal bagi para bumil bahwa bayi mereka tetap aktif dan sehat.

1. Kapan Bayi Mulai Bergerak?
Sebagian besar bayi mulai bergerak sejak usia kehamilan 7 sampai 14 minggu. Namun, sebagian besar wanita hamil merasa bayi mereka bergerak pada usia kehamilan 18 sampai 20 minggu. Beberapa bumil merasakannya di awal 16 minggu. Jika tidak merasakan gerakan hingga kehamilan 24 minggu, segera cek ke dokter kandungan.

2. Ini Usia Kepala Bayi Mulai Berputar
Rata-rata butuh 16 minggu untuk bumil merasakan gerakan bayi. Pada usia tujuh minggu, bayi mulai melakukan gerakan umum. Bayi akan mulai memutar kepalanya pada usia kandungan minggu ke-10. Pada saat berusia 14 minggu, bayi menguap dan mengedipkan matanya.

3. Akankah Bayi Bergerak Selama Kehamilan?
Saat bumil merasakan tendangan kuat dan sikutan yang menyakitkan, maka ada pula periode pada siang hari ketika bayi tidak akan bergerak. Saat-saat bayi tak bergerak, ternyata mereka sedang tidur siang. Di usia kehamilan 30 minggu, bayi akan beristirahat selama 45 menit.

4. Berapa Banyak Tendangan Per Hari yang Normal?
Tendangan tidak dapat dipastikan jumlahnya karena seriap kehamilan bervariasi.

5. Apa yang Harus Dilakukan Jika Bayi Tak Bergerak Lebih dari 24 Jam?
Cobalah berbaring miring dan tunggu selama dua jam. Jika merasakan setidaknya 9 gerakan dengan berbagai kekuatan, tandanya bayi baik-baik saja. Bisa juga, bumil bersikap santai dan makan sesuatu. Bayi mungkin bereaksi terhadap perubahan pergerakan saat mengasup makanan. Atau bisa juga mengonsumsi minuman dingin. Perubahan suhu bisa mendorong bayi untuk bergerak. Bisa juga dirangsang dengan membuat beberapa suara atau distimulus menggunakan musik.

(ika/ce1/JPC)

Update