Kamis, 28 Maret 2024

Warga Dapat Sertifikat Tanah Gratis

Berita Terkait

Susilawati. F. Sandi/Batam Pos.

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun, kemarin (18/1) secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah gratis kepada masyarakat pulau Karimun di kantor Pertanahan Karimun. Melalui pembuatan sertifikat tanah secara gratis, dapat membantu masyarakat yang kurang mampu dalam pengurusan sertifikat.

”Kalau bisa jangan digadailah, buat anak-anak nanti bisa membangun rumah atau usaha lahan itu yang telah mendapatkan sertifikat sah,” pesan mantan Bupati Karimun ini.

Sementara itu Kepala Kantor Pertanahan Karimun Susilawati mengatakan, dari 8111 yang telah terselesaikan pengurusannya ke Kantor Pertanahan Karimun. Baru 256 bidang yang sudah bersertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), untuk wilayah pulau Karimun dan Kundur. Selain penyerahan sertifikat Barang Milik Negara (BMN), dari Kepolisian, Angkatan Laut dan Kementerian Agama.

”Sisanya nanti akan diserahkan pada bulan Februari nanti. Untuk tahun 2018 ini, lebih besar lagi yaitu 13 ribu bidang untuk PTSL. Kemudian Inventarisasi Penguasaan,. Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) ada 3 ribu bidang dan UKM 200 bidang, serta konsolidasi tanah ada 200 bidang. Mohon dilengkapi persyaratannya, untuk mendapatkan sertifikat secara gratis nanti,” tuturnya.

Selama proses pembuatan sertifikat tersebut, kendalanya dalam pemahaman dimasyarakat dalam pemasangan patok. Dimana, tenaga ukurnya sudah siap, namun masyarakat tidak kunjung dipasang sebagai acuan dalam melengkapi persyaratan. Dengan melengkapi persyaratan yang cukup sederhana, seperti alasak atau sporadik, KTP, materai 6000 dan paling penting pajak PBB.

”Saya tegaskan pembiayaan dalam pengurusan sertifikat gratis. Silahkan, melengkapi persyaratan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan sertifikat secara gratis,” ungkapnya.

Alokasi sertifikat PTSL setiap kecamatan, berbeda-beda setiap tahunnya sesuai pemetaan. Artinya, secara bertahap untuk kabupaten Karimun nanti akan mendapatkan sertifikat resmi. Sehingga, permasalahan tidak akan timbul kembali di kemudian hari. Dimana, rata-rata banyak tanah eksa pakai yang telah diduduk oleh masyarakat.

Sedangkan salah seorang warga Karimun Muslim yang mendapatkan sertifikat gratis mengungkapkan, terimakasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memberikan sertifikat gratis.

”Senanglah, bisa saya bangun usaha di tanah yang sudah bersertifikat. Tidak was-was lagi, lumayan tinggal cari modal bangun kedai kecil-kecilanlah,” singkatnya.(tri)

Update