Selasa, 19 Maret 2024

2017 Suzuki Ertiga Kembali Ungguli Indeks Kepuasan Konsumen

Berita Terkait

batampos.co.id – PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) menutup 2017 dengan gemilang. Suzuki Ertiga untuk kali ketiga kembali meraih indeks kepuasan konsumen tertinggi menurut Auto Bild Customer Satisfaction Survey 2017. Tidak tanggung-tanggung, dalam survey majalah Auto Bild, tahun ini Suzuki Ertiga mengungguli tujuh dari sebelas kategori indeks kepuasan konsumen, dengan angka yang sangat memuaskan.

Secara keseluruhan Customer Satisfaction Index (CSI) 2017 menempatkan Suzuki Ertiga sebagai juara dengan rata-rata nilai 3,85 dari skala 5 atau masuk dalam kategori ‘Puas’.

“Sebuah kehormatan bagi Suzuki untuk mempersembahkan produk yang dapat memberikan kepuasan maksimal kepada para konsumen, yang bahkan jauh melebihi ekspektasi kami dalam survey yang diadakan oleh Auto Bild,” ujar Branch Manager Suzuki Indomobil Batam, Rudy Wijaya, Jumat (19/1).

Lanjutnya, hal ini sekaligus membuktikan bahwa hingga saat ini tahta Suzuki Ertiga sebagai garda depan Suzuki masih belum tergantikan, sehingga dapat menjadi acuan untuk senantiasa meningkatkan kualitas setiap produk Suzuki dan memuaskan konsumen.

Rudy menjelaskan, melihat kenaikan angka penjualan mobil yang cukup signifikan periode Januari–September 2017, Auto Bild Indonesia selaku media yang menjadi referensi calon pembeli mobil melakukan Customer Satisfaction Survey terhadap Agen Pemegang Merek (APM) yang memasarkan mobil di Indonesia. “Dalam survey yang berlangsung selama Januari–Oktober 2017 dengan 1.010 responden, kepuasan pelanggan ditentukan oleh persepsi pelanggan atas performa produk atau jasa yang diukur dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI),” terangnya.

Selain itu, survey ini juga mengungkap penilaian responden terhadap sebuah produk dari aspek eksternal melalui Nett Promoter Score (NPS). Melalui NPS kita dapat melihat apakah pemilik mobil mau merekomendasikan mobilnya kepada orang lain. “Melalui survey ini juga, dihasilkan berbagai faktor penting yang menjadikan seseorang menentukan untuk membeli mobil,” papar Rudy.

Faktor kenyamanan kendaraan, sambungnya, masih menjadi hal yang paling penting bagi para responden. Diikuti dengan faktor konsumsi bahan bakar dan daya tahan sebuah kendaraan. “Dari segi daya tahan mobil, Suzuki Ertiga menempati peringkat pertama dengan angka 3,79 yang masuk ke dalam kategori ‘Puas’,” sebutnya.

Berkat mesin berkode K14B yang ringan dengan akselesari responsif, membuatnya irit bahan bakar namun tetap bertenaga. Dua faktor inilah yang menjadikan Suzuki Ertiga memiliki aspek kenyamanan yang paling memuaskan dengan indeks 4,21 untuk ketiga kalinya. Tidak hanya itu, ruang yang luas dilengkapi kursi yang tebal dan empuk membuat Suzuki Ertiga memanjakan penumpang selama perjalanan. Interior yang elagan dan berbagai fitur fungsional juga menjadi keunggulannya.

Suzuki Ertiga terbukti memiliki daya tahan dan kemampuan mumpuni menempuh berbagai medan. Tak heran Suzuki Ertiga yang tahun lalu menempati posisi kedua, kini beranjak naik di posisi teratas. Dalam survey ini, konsumen juga sangat puas dengan konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga yang meraih nilai 4,11 atau masuk dalam kategori ‘Sangat Puas’.

Rudy menambahkan, Suzuki Ertiga memiliki serangkaian fitur mewah seperti chrome front grille, parking sensor, warna interior yang lebih elegan, fitur-fitur modern serta desain audio yang mewah. Hal ini membawa Suzuki Ertiga meraih posisi puncak dengan indeks 3,58 untuk kepuasan fitur yang ditawarkan. Tidak sampai disitu, dengan fitur yang berlimpah dan harga yang kompetitif menjadikan Suzuki Ertiga meraih posisi teratas untuk aspek value for money sebesar 3,89 atau masuk dalam kategori ‘Puas’.

“Suzuki Ertiga juga meraih NPS tertinggi dengan angka 10,5 persen dibanding kompetitor lainnya,” ucap Rudy.

Perhitungan NPS tersebut ditentukan oleh tiga faktor yakni indeks rekomendasi positif, sikap pasif dan rekomendasi negatif. Dengan indeks rekomendasi positif sebanyak 31,6 persen, ditambah hasil indeks kepuasan konsumen yang cukup dominan, maka keberhasilan Suzuki Ertiga dalam Auto Bild Customer Satisfaction Survey menegaskan posisinya sebagai tipe mobil yang memberikan kepuasan terbaik bagi konsumen tahun ini.

“Keberhasilan Suzuki Ertiga meraih penghargaan CSI untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, tak lepas dari misi Suzuki untuk menghasilkan sebuah produk yang bernilai tinggi dan berorientasi kepada konsumen,” tutupnya. (nji)

Update