batampos.co.id – Peningkatan kesejahteraan masyarakat lewat perkebunan cengkih menjadi salah satu andalan di Natuna. Dinas pertanian terus mengoptimalkan peningkatan produksi cengkih.

Kepala Bidang Perkebunan dinas pertanian pemkab Natuna Windra mengatakan, pemerintah daerah berupaya terus meningkatkan produksi cengkih melalui program pengembangan perkebunan cengkih di masyarakat.

Pengembangan perkebunan cengkih tahun 2018 ini katanya, akan dikembangkan hingga Kecamatan Pulau Laut, termasuk daerah transmigrasi Kecamatan Bunguran Tengah dan kecantikan Bunguran Timur Laut. Sekitar 40 ribu bibit cengkih akan dibagikan kepada petani cengkih. “Tahun ini pengembangan cengkih disasar hingga Pulau Laut. Karena ada permintaan Masyarakat,” kata Windra, Jumat (19/1).

Pengembangan cengkih menurutnya, sangat menjanjikan. Dari pengentasan kemiskinan lima tahun terakhit, cengkih masyarakat sudah bisa menghasilkan produksi. Bahkan tahun 2017 lalu, produksi cengkih di Natuna mencapai sekitar 1000 ton.

Dan program pengembangan saat ini, tujuannya sekaligus meningkatkan peremajaan cengkih masyarakat. Dan bibit yang dibagikan secara gratis, namun sasarannya akan diseleksi agar tepat sasaran mensejahterakan masyarakat.

Pemerintah daerah sambungnya, juga membantu obat obatan dan pupuk secara gratis kepada petani yang menerima bantuan pemerintah. Tahun ini obat-obatan akan dibantu kepada petani cengkih di kecamatan Serasan.

“Untuk tahun ini calon petani bibit cengkih masih di seleksi. Kepada pemerintah Kecamatan kami juga minta peran aktif menyampaikan laporan produksi pertanian dan perkebunan kepada dinas,” ujar Windra.(arn)

Respon Anda?

komentar