Kamis, 25 April 2024

ISPA Penyakit Tertinggi di Puskemas Seilekop

Berita Terkait

batampos.co.id – Penyakit infeksi saluran pernafasan (ISPA) masih menjadi peringkat tertinggi penyakit yang ditangani Puskesmas Seilekop, Sagulung. Kepala Puskesmas Seilekop Erizal mengatakan puskesmas tersebut biasa menangani pasien Ispa mulai 200 hingga 300 orang perbulannya.

“Angkanya fluktuatif. Tapi sejauh ini angkanya masih tetap sama seperti bulan-bulan yang lalu,” ujar Erizal, Jumat (19/1).

Dia mengatakan kasus ispa di wilayahnya sering menyerang anak-anak dan orang tua.

Tahun 2016 lalu, penyakit ini juga banyak menyerang warga Sagulung. Tercatat Januari hingga November 2016, ada 3505 kasus ISPA di wilayah Seilekop.

“Untuk tahun 2017 datanya saya lupa. Tapi yang pasti kasusnya tetap tinggi,” katanya.

Erizal mengatakan Ispa menjadi tertinggi karena faktor cuaca dan lingkungan yang kurang bagus disamping masalah pola hidup masyarakat yang belum menerapkan pola hidup bersih dan bergizi.

Selain penyakit Ispa, penyakit hipertensi, dan demam berdarah juga sering menyerang warga Seilekop. Maka dari itu, untuk meminimalisir penyebaran penyakit tersebut, ia menyarankan untuk menarapkan pola hidup sehat dan makan makanan yang bergizi.

“Kami rutin melakukan penyuluhan terkait penyakit ini kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu ditanya mengenai stok obat, Erizal mengaku puskesmasnya tidak mengalami kekurangan. Bahkan, stok obat di Puskesmas Seilekop mencukupi hingga dua bulan ke depan. (une)

Update