Iklan

batampos.co.id – Pangkalan Udara AL (Lanudal) Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang berencana membangun tempat parkir pesawat (taxiway) awal Maret 2018 mendatang. Fasilitas ini berupa pembangunan penghubung antara landasan pacu pesawat dengan hanggar.

“Tentu tetap kami akan memperhatikan akses jalan warga juga agar sama-sama nyaman,” ungkap Komandan Puspenerbal Tanjungpinang, Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan, Jumat (19/1).

Lebih lanjut dipaparkan Dwika bahwa ketika Taxiway rampung dibangun, bisa diperkuat alutsista yang disiagakan di Tanjungpinang. Hanya saja keinginan itu masih terkendala berupa lahan yang sebagian masih dimiliki masyarakat dan sebagian juga merupakan area pemukiman. Untuk itu ia melakukan koordinasi dengan Pemko Tanjungpinang dan PT Angkasa Pura agar jalan sebagai akses masyarakat tidak terputus. Meskipun taxiway dibangun, masyarakat bisa nyaman dan aman menggunakan jalan.

Dikatakannya, anggaran untuk pembangunannya sudah tersedia pada tahun ini. “Rencananya akan dilaksanakan pada awal maret mendatang dan diprediksikan akhir Desember 2018 sudah selesai pengerjaannya,” ujar Dwika.

Plh Wali Kota Tanjungpinang, Riono mengatakan, Pemko Tanjungpinang sudah menyiapkan DED jalan lingkar yang berada di seputar Lanudal tersebut sejak tahun 2014, agar masyarakat dapat berjalan dengan aman. Ia juga mengharapkan agar masyarakat juga dapat memahami hal tersebut. Diperkirakan jalan tersebut sepanjang 800 m, dan sudah dikerjakan sepanjang 200 m.

“Pihak Lanudal dan Pemko Tanjungpinang sebelumnya juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat,” paparnya. (aya)