Jumat, 29 Maret 2024

Rp 12 Miliar untuk Obat Puskesmas, Stok Dijamin Aman

Berita Terkait

 

ilustrasi

batampos.co.id – Tahun ini Dinas Kesehatan menganggarkan Rp 12 miliar untuk pembelian obat yang akan didistribusikan ke semua Puskesmas di Batam. Anggaran tersebut dinilai cukup untuk persediaan obat selama setahun kedepan.

“Kalau di Puskesmas sangat aman stoknya. Mudah-mudahan semua ,masyarakat bisa terlayani dengan baik,” kata kepala dinas kesehatan Didi Kusmarjadi, Jumat (19/1).

Ia mengatakan pelayanan Puskesmas dari tahun ke tahun terus mengalami perbaikan. “Kalau kualitas obat di Puskesmas juga bisa dikatakan bagus. Dan kita memang berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” katanya.

Saat ini pelayanan poliklinik pun sudah ditambah jam kerjanya. Jika sebelumnya hanya beroperasi hingga pukul 13.00 WIB, kini diperpanjang hingga pukul 16.00 WIB. Ini berlaku di semua Puskesmas yang ada di Batam.

“Kalau operasionalnya untuk emergency itu 24 jam. Tetapi poliklinik sudah kita tambah waktunya,” katanya.

Anggota komisi IV DPRD Kota Batam Marlon Brando mengatakan anggaran pembelian obat di Dinkes termasuk besar. Ia berharap tidak ada keluhan mngenai ketersediaan obat. Terutama oba yang memang banyak digunakan pasien.

“Misalnya parasetamol, jangan sampai tidak ada. Intinya pelayanan dasar di Puskesmas harus dibuat semaksimal mungkin,” katanya.

Demikian dengan pelayanan harus maksimal. Jangan sampai ada warga yang tidak terlayani. “Misalnya kalau ada warga yang mau berobat datang tengah malam, jangan sampai tidak terlayani,” katanya. (ian)

Update