Kasat Reskrim AKP Suharnoko mengecek salah satu gudang beras di Dabo Singkep. F. Wijaya Satria/Batam Pos.

batampos.co.id – Ketua Satgas Pangan Kabupaten Lingga Kasat Reskrim Polres Lingga, AKP Suharnoko memastikan, kondisi ketersediaan bahan pangan di Bunda Tanah Melayu masih tergolong aman. Begitu juga dengan kondisi harga bahan sembako yang masih stabil, tidak mengalami lonjakan harga.

“Harga beras stabil. Dari hasil tinjauan kami di lapangan harga beras premium berkisar harga Rp 11 ribu hingga Rp 12 ribu perkilo, sedangkan beras medium berkisar Rp 9500 perkilo,” kata Suharnoko saat melakukan sidak ke pasar dan gudang sembako di Dabo Singkep, Jumat (19/1) pagi.
Ada kenaikan harga beberapa item namun masih dalam kondisi wajar. Seperti harga ikan ada kenaikan seperti harga ikan tongkol biasanya dibandrol perkilo Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu. Hal ini disinyalir dampak dari kondisi cuaca yang kurang baik akhir-akhir ini.
Begitu juga dengan harga cabai yang mengalami kenaikan harga. Cabai keriting saat ini dibandrol sebesar Rp 58 ribu perkilo dari harga biasa Rp 45 ribu perkilo, sedangkan cabai rawit dipatok 54 ribu dari harga biasanya Rp 50 ribu, cabai merah dalam kondisi stabil di harga Rp 58 ribu sama halnya dengan harga bawang Rp 20 ribu.
Menurut Suharnoko, kondisi harga serta stok bahan sembako di Kabupaten Lingga dalam kondisi stabil. Dia juga memastikan tidak adanya penimbunan serta kecurangan lainnya yang ditemukan saat pengecekan kali ini.
“Kami akan terjun ke lapangan secara berkala untuk mengecek kesiapan pangan serta kondisi harga. Jika mengalami kondisi rawan seperti lonjakan harga drastis dan kelangkaan sembako kami akan berkoordinasi dengan Pemkab Lingga untuk melakukan operasi pasar dan penanganan lainnya,” kata Suharnoko. (wsa)

Respon Anda?

komentar