batampos.co.id – Capt Rio Onasis, salah satu perserta seleksi Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT. Pelabuhan Kepri menuding seleksi yang digelar BUP beberapa waktu lalu hanyalah formalitas atau sarat dengan nepotisme. Menurut Rio, hasil tersebut sudah ditentukan sebelum seleksi digelar.

“Informasi yang berkembang peserta diatas adalah titipan yang harus diprioritaskan Panitia Seleksi (Pansel). Artinya, uji kelayakan kemarin hanya akal-akalan saja,” tuding Capt Rio dengan nada kecawa, Jumat (19/1) di Tanjungpinang.

Ditegaskan Rio, tudingan tersebut bukan tanpa alasannya. Karena dari informasi yang ia dapat, munculnya nama Capt Darmansyah sebagai yang terdepan menjadi Dirut BUP adalah satu pekan sebelum diumumkannya hasil seleksi. Dikatakan Rio, ada beberapa rekannya juga merupakan teman Capt Darmansyah. Ditanya apakah benar, Capt Darmansyah punya kedekatan khusus dengan Komisaris BUP, Huzrin Hood.

“Kalau untuk masalah tersebut silakan telusuri langsung di lapangan. Yang jelas, ada beberapa kawan dia (Darman,red) juga teman dekat saya,” papar Rio.

Ia berharap, Pak Gubernur sebagai pemegang kebijakan, lebih selektif dalam membuat keputusan. Karena ketika keputusan yang dibuat keliru, maka konsekuensinya juga menjurus kepada Pak Gubernur. Kekecauan ini, juga sudah disampaikan dirinya beberapa waktu lalu.

“Untuk apa digelar seleksi, jika semuanya sudah dikondisikan. Tujuan seleksi adalah untuk melihat kecakapan seseorang pada bidang tertentu,” tegas Rio.

Sementara itu, Ketua Pansel BUP, TS. Arif Fadillah enggan berkomentar terkait hiruk-pikuknya internal BUP Kepri. Pria yang duduk sebagai Sekda Kepri tersebut lebih menyarankan media untuk meminta penjelasan langsung kepada Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

“Hasilnya sudah kami serahkan ke Pak Gubernur. Sehingga Pak Gubernur lebih tepat untuk memberikan jawaban,” ujar Arif Fadillah.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Direktur BUP PT. Pelabuhan Kepri dimana Capt. Darmansyah meraih nilai tertinggi 15 point, sedangkan kandidat lainnya yakni Capt. Rio Onasis dan Windarso Dwi Guntoro meraih nilai 14 point.

Pengumuman kelulusan calon Dirut PT. Pelabuhan Kepri ini dikeluarkan 4 Januari 2018 lalu, surat keputusan sendiri ditandatangani Sekretaris Tim Uji Kelayakan dan Kepatutan calon Direktur BUMB PT. pelabuhan Kepri, Syamsul Bahrum yang juga sebagai Asisten II Bidang Pembangunan Pemprov Kepri.(jpg)

Respon Anda?

komentar