Kamis, 28 Maret 2024

Tahun Politik ASN Harus Netral

Berita Terkait

Abdul Hamid Rizal. F. Aulia Rahman/Batam Pos.

batampos.co.id – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal memberikan peringatan dini kepada seluruh anggota aparatur sipil negara (ASN) tetap netral menyambut tahun politik pemilu legislatif.

“PNS dan PTT harus menjaga netralitas, menjamin profesionalisme dalam penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan,” tegas Hamid Rizal kemarin.

Ditegaskan lagi, Aparatur pemerintahan harus selalu menjunjung tinggi netralitas dalam pelaksanaan program kerja serta tugas pokok dan fungsi berdasarkan regulasi yang telah diatur, menjaga mutu pelayanan dan profesionalisme.

“Terdapat larangan keras dan sanksi Aparatur Pemerintahan baik PNS maupun PTT yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam berbagai aktifitas politik,” tegasnya.

Segenap ASN katanya, harus menjadi perhatian bersama akan aturan dan sanksi terlebih lagi saat ini sedang menyambut tahun politik. Pemerintah Kabupaten Natuna akan mengambil tindakan tegas terhadap pelanggaran ASN, terlebih lagi kedapatan oknum aparatur pemerintahan terlibat secara langsung berbagai kegiatan yang bersifat kampanye politik.

Saat ini masalah kinerja pemerintah daerah, Hamid Rizal menerangkan bahwa sebelumnya Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kabupaten Natuna tahun sebelumnya mendapatkan penilaian CC. Penilaian tersebut harus menjadi motivasi bersama agar dapat meningkatkan mutu perencanaan, penyelenggaraan dan evaluasi program kerja kedepan.

“Tidak hanya penyajian laporan yang lebih disempurnakan, realistik dan terukur, tetapi juga harus dipertimbangkan output dan outcome serta manfaat bagi masyarakat,” ujar Hamid Rizal.

Kondisi terbatasnya anggaran lanjutnya, dapat memicu perencanaan dan pengelolaannya harus dilakukan secara lebih hati-hati dan sesuai dengan regulasi yang berlaku serta terus diupayakan agar tepat manfaat dan tepat sasaran.

“Natuna harus mampu menjadi daerah percontohan terutama bagi pengelolaan anggaran dan pembangunan diwilayah perbatasan serta bagi seluruh daerah dalam kerangka NKRI,” ujar Hamid.(arn)

Update