Kamis, 28 Maret 2024

32 Sekolah Siap Bersaing di HSBL 2018

Berita Terkait

Suasana Teknikal Meeting Batam Pos Honda Student Basketball League (HSBL) 2018 di Dealer Capella Honda Tembesi Batam, Sabtu (20/1). F. Octo Zainul Ahmad/Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 32 sekolah dipastikan siap bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam ajang kompetisi bola basket tingkat SMA putra-putri se-Kepri yang bertajuk Batam Pos Honda Student Basketball League (HSBL) 2018.

Sales Manager Capella Honda Kepri, Harri Sutiono mengatakan, HSBL 2018 yang diselenggarakan Honda bekerjasama dengan Batam Pos ini sudah ketiga kalinya diadakan.

“Ini merupakan komitmen Honda untuk menggalakkan olahraga basket di Kepri,” kata Harri saat Teknikal Meeting (TM) HSBL 2018 di Dealer Capella Honda Tembesi Batam, Sabtu (20/1).

Dalam peraturan pertandingan HSBL 2018 nanti, pihak panitia juga mengacu kepada peraturan standar yang digunakan dalam kompetisi Honda Development Basketball League (DBL).

“Ini untuk meningkatkan kualitas permainan dan juga semakin menambah suasana pertandingan seperti laiknya profesional,” ujarnya.

Babak penyisihan HSBL 2018 akan dilangsungkan pada 26-31 Januari di Sekolah Yos Sudarso Batam. Sedangkan babak semifinal hingga final bakal digelar 2-4 Februari di Hi Test Arena Batam.

Sebanyak 20 tim putra dan 12 tim putri bakal bersaing menjadi yang terbaik dalam perhelatan tersebut.

Dalam ajang kompetisi bola basket antar pelajar SMA/SMK se-Kepri ini juga akan dimeriahkan dengan lomba dance dan juga riding test.

Sementara itu, Sekretaris Umum Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Batam, Kriswanto menuturkan, ada empat sekolah yang menjadi peserta atau tim unggulan dalam HSBL 2018.

“Empat sekolah itu merupakan peserta yang masuk semifinal pada HSBL 2017,” tutur Kriswanto.

Empat sekolah tersebut yakni, juara bertahan SMA Maitreya, runner up SMA Ananda, SMA Permata Harapan dan SMA Harapan Utama.

“Keempat sekolah itu kita pisahkan, sehingga tidak bisa bertemu pada babak penyisihan,” jelas Kriswanto.

20 SMA putra tersebut dibagi menjadi empat grup, dimana tiap grup diisi lima sekolah atau tim. “Juara dan runner up grup lolos ke babak perempat final,” ucapnya.

Sementara itu, gelaran HSBL 2018 ini adalah pertama kalinya diikuti tim-tim putri. Bila pada dua tahun sebelumnya, tim putri hanya partai eksebisi saja, di tahun ini, 12 SMA putri akan bersaing menjadi yang terbaik dalam HSBL 2018. Ke-12 SMA putri tersebut terbagi kedalam empat grup. Masing-masing grup diisi tiga sekolah.

“Sama seperti tim putra, Juara dan runner up grup lolos ke babak perempat final,” imbuh Kris.

Kriswanto sangat mewanti-wanti ajang HSBL ini disebabkan turnamen ini merupakan ajang yang memiliki tingkat persaingan dan adu gengsi yang tinggi dalam turnamen bola basket di Kepri.

Untuk itu pihaknya sangat bersikeras kepada seluruh peserta agar bisa mengontrol pemain maupun suporternya saat sebelum, pas pertandingan maupun sesudah pertandingan.

“Apabila ada tindakan yang anarkis baik dari pemain maupun suporter akan langsung didiskualifikasi,” tegas Kriswanto. (oza)

Pembagian grup putra
Grup A : SMA Maitreya, SMKN 1 Batam, SMKN 2 Batam, SMKN 4 Batam, SMK Maha Bodhi Karimun.
Grup B : SMA Permata Harapan, SMK Maitreya, SMA Bodhi Darma Batam, SMAN 4 Batam, SMA Djuwita.
Grup C : SMA Harapan Utama, SMA Harmoni, SMAN 3 Batam, SMA Yos Sudarso, SMK BBS.
Grup D : SMA Ananda, SMKN 5 Batam, SMK Kartini, SMAN 17 Batam, SMA Mondial.

Pembagian grup putri
Grup A : SMA Mondial, SMA Maha Bodhi Karimun, SMKN 2 Batam.
Grup B : SMA Bodhi Darma Batam, SMK Kartini, SMA Harapan Utama.
Grup C : SMKN 5 Batam, SMAN 17 Batam, SMA Ananda.
Grup D : SMA Yos Sudarso, SMA Permata Harapan, SMA Maitreya.

Update