ilustrasi

Karin , 30 berbuat nekat. Ia bikin opor dengan bahan ayam kesangan sumai, Donjuan, 30.

Akibatnya, Donjuan,30, pun marah besar. Dia tidak terima dan terjadi pertengkaran hebat. Sampai sampai warga Kutisari ini menggugat cerai istrinya cuma gara-gara ayam kesayangannya disembelih istri.

“Saya sudah siap dan nggak takut. Silakan saja,” kata Karin saat menunggi sidang pertama di Pengadilan Agama (PA) Klas 1A Surabaya, Jumat (19/1).

Peristiwa penyembelihan itu terjadi sekitar sebulan yang lalu. Karin mengaku sengaja melakukannya, karena kadung jengkel dengan suaminya. Bagaimana tidak, sebagai suami, Donjuan sudah tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Apalagi sebagai bapak.

“Dia lebih memilih ayamnya daripada saya dan anak-anak,” ujar Karin.

Ayam-ayam itu diperhatikan, diberi makan tepat waktu dan kalau sakit diobatin. Sedangkan Karin dan anak-anaknya, tidak dihiraukan. Laki- laki yang sudah tiga tahun menikah ini cuek saja terhadap istri dan buah hatinya. Yang penting dia memberi uang kepada Karin dan menyerahkan sepenuhnya urusan anak dan dapur pada istrinya itu.

“Siapa yang betah, Mas. Anak juga butuh perhatian, apalagi yang gede sudah mau masuk SD,” lanjut Karin.

Sudah tak terhitung berapa kali Karin menasehati Donjuan. Tapi, pria ini menjawab enteng, bisa diatur.

“Ngomong kayak gitu terus. Wis, gak ada lagi, kusembelih ayamnya,” aku wanita berambut ikal ini.

Ketika Donjuan pergi untuk mengadu ayamnya, Karin mengambil ayam milik suaminya yang lain. Dipilih yang muda. Apalagi saat itu Karin tak punya uang untuk belanja dan sudah lama tak memasak lauk daging ayam. Dengan bantuan tukang sembelih ayam di pasar, Karin berhasil beraksi. Dia bikin opor ayam yang enaknya gak kalah dengan opor ayam ala warung.

Ketika Donjuan pulang, Karin menyuguhkan menu makan malam opor ayam. Tanpa curiga, laki-laki ini makan dengan lahap. Bahkan pujian sempat terlontar dari mulut Donjuan.

“Wuuenak, Ma. Masak sendiri, ta?” ucap Karin menirukan pertanyaan suaminya malam itu.

Karin menjawab kalau masakan tersebut diberi tetangga sebelah. Donjuan baru mengetahui keesokan harinya setelah bertanya langsung kepada tetangganya. Karena curiga, dia langsung menuju ke kandang ayam dan si jago tidak ada.

“Saya sudah nekat. Dia langsung mukul saya dan saya tidak terima,”tutur Karin.

Karena itu Karin mengajukan cerai, karena Donjuan sudah bertindak diluar batas.

(sb/ang/jek/JPR)

Respon Anda?

komentar