Selasa, 23 April 2024

Timsel KPU Kepri Terbentuk, Februari Pendaftaran Calon Dibuka

Berita Terkait

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat sudah memilih lima personel yang akan bekerja sebagai Tim Seleksi (Timsel) Komisioner KPU Provinsi Kepri. Direncanakan, pendaftaran calon KPU Priode 2018-2023 akan dibuka pada pertengahan Februari mendatang. Dalam waktu dekat ini, lewat Bimbingan Teknis (Bimtek) KPU Pusat akan menentukan susun organisasinya.

“Dijadwalkan Bimteknya awal pekan ini sampai pertengahan di Jakarta. Lewat Bimtek itu nanti juga akan diputuskan susunan pengurus Timselnya,” ujar salah satu Timsel terpilih, Suradji menjawab pertanyaan Batam Pos, Minggu (21/) di Tanjungpinang.

Akademisi Universitas Maritim Raja Ali Haji tersebut menjelaskan, mayoritas Timsel terpilih memiliki backgroud sebagai akademisi. Selain itu ada juga praktisi hukum. Satu-satunya perempuan latar belakangnya memang sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Batam. Akan tetapi, jalur pendaftarannya adalah bukan sebagai ASN, melainkan masyarakat.

“Kami yakin, Timsel yang terpilih tidak punya ikatan politik dengan partai politik. Apalagi dalam menjalankan tugas nanti, kami juga dituntut untuk profesional dan tidak memihak,” tegas Suradji.

Menurut Suradji, setelah terbentuknya sturuktur organisasi Timsel, tentu melakukan sosialisasi dan dilanjutkan dengan pendaftaran calon. Masih kata Suradji, proses pendaftaran dijadwalkan pada pertengahan Februari mendatang. Apalagi KPU Pusat lewat surat keputusannya juga sudah menegaskan, bahwa terhitung Februari mendatang Timsel terpilih sudah mulai bekerja.

“Target kita sudah pasti berjalan sesuai jadwal. Karena tahapan-tahapan yang dibuat harus rampung sebelum berakhirnya masa jabatan komisioner KPU Kepri saat ini. Yakni pada 24 Mei 2018 nanti,” jelasnya.

Ditambahkannya, pihaknya berkomitmen untuk menjalankan tugas sebagai Timsel dengan jujur, adil dan transparan. Karena KPU adalah lembaga yang bertugas melaksanakan kegiatan-kegiatan bagi negara dan daerah. Seperti Pemilihan Umum (Pemilu), Pemilihan Kepala Derah (Pilkada), Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (PIlpres).

“Sebagai Timsel kita juga punya tanggungjawab moral tentunya. Yakni untuk menghasilkan komisioner yang kridibel dan profesional sesuai dengan tugas dan tanggungjawab yang diberikan,” tutup Suradji.(jpg)

Daftar Timsel KPU Kepri

-Riama Manurung
-Bisman Arianto
-Ampuan Situmeang
-Adji Suradji Muhammad
-Sumardin

Update